Menjaga Indonesia

3 Jam Gorontalo Perangi Covid-19

HABARI.ID I Laksana ada perang di Gorontalo, ratusan prajurit gabungan dikumpulkan tepat pukul 21.00 WITA Senin (26/10/2020) di depan Patung Sang Pahlawan Nasional Nani Wartabone, di alun-alun Taruna Remaja Kota Gorontalo.

Ratusan prajurit gabungan siap perang ini tidak turun sendiri dengan tangan kosong, tapi lengkap dengan kendaraan perang mereka, bahkan masing-masing pimpinan mereka pun ikut turun tangan.

Para prajurit gabungan yang siap perang itu, bukan lain adalah jajaran TNI, Polri, Satpol-PP, BPBD dan Perhubungan.

Sembari menunggu pimpinan mereka keluar dari Rumah Jabatan Gubernur, prajurit ini diatur setiap pimpinan regu mereka di depan alun-alun Taruna Remaja.

Ya, Gorontalo memang sedang ada perang malam ini. Tetapi perang terhadap pandemi Covid-19, yang sudah merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat Gorontalo.

Patroli pendisiplinan penegakkan protokol kesehata Covid-19.

Usai diberikan arahan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, seluruh prajurit dan para pimpinan mereka bergerak menyisir sejumlah tempat yang berpotensi terjadi penyebaran Covid-19.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh elemen masyrakat, TNI-Polri, forkopimda, tokoh masyarakat, mahasiswa yang kompak bahu membahu untuk memutus penularan Covid-19 ini.

“Terbukti sekarang, Provinsi Gorontalo tertinggi tingkat kesembuhannya di Indonesia, ujar Gubernur Gorontalo Dua Periode itu saat menyampaikan arahan.

Titik pertama operasi perang terhadap Covid-19 di My Food Court, berlokasi di jalan Jenderal Sudirman Kota Gorontalo.

Memang pengunjungnya rata-rata patuh terhadap protokol kesehatan, namun Gubernur tetap memberikan imbauan dan membagikan masker.

“Saya mohon maaf apabila mengganggu keyamanan teman-teman sekalian. Tidak dilarang, tapi tolong tetap jaga protokol kesehatan, apabila ditemukan masyarakat yang tidak patuh maka kami akan bertindak tegas,” jelas Rusli.

Selanjutnya rombongan menyisir kompleks Murni, tempat yang terletak di jantung Ibu Kota Provinsi Gorontalo. Hal yang sama pun dilakukan Gubernur, menyapa dan mengingatkan para pengunjung.

“Sebenarnya patroli ini sudah dilaksanakan cukup lama oleh pemerintah kabupaten/kota, tapi malam ini kami mengambil bagian …”

“Ini akan berlangsung sampai selesai covid, kita akan patroli terus,” tutup Rusli.(bink/habari.id).