Pemkot Mojokerto Terima Kunjungan Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VIII Provinsi Maluku

oleh
banner 468x60

Mojokerto, HABARI.ID | Pemerintah Kota Mojokerto mendapat kunjungan rombongan ASN dari Provinsi Maluku untuk melakukan studi lapangan pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan VIII Tahun 2023 di Pendopo Sabha Mandala Madya Kantor Balai Kota Mojokerto, Senin (7/8).

Rombongan yang berjumlah 40 peserta tersebut akan melakukan studi lapangan di Kota Mojokerto selama 5 hari kedepan mulai dari tanggal 5-9 Agustus 2023. 40 ASN yang terdiri dari Pemkab Maluku Tengah 14 orang, Pemkab Buru Selatan 17 orang, Pemkab Seram Bagian Timur 5 orang, dan Pemkot Ternate 4 orang.

banner 468x60

Mereka semua didampingi Pejabat BPSDM Provinsi Maluku yaitu Faizal Ahmad, S.STP, M.Si (Kepala Bidang PKMF BPSDM Provinsi Maluku sebagai Ketua Rombongan) , Marcello R Asbay, S.Sos (Assesor BPSDM Provinsi Maluku sebagai sekretaris rombongan), Dr. Saleh Ramalan S. Kel. MM (Widyaiswara BPSDM Provinsi Maluku).

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari menyambut langsung kedatangan para peserta rombongan ini dan menjelaskan tentang Inovasi Kota Mojokerto dan segudang prestasinya.
Didampingi Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo dan Kepala BKPSDM Kota Mojokerto M.Imron , Walikota menuturkan bersedia untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan semua peserta PKA angkatan VIII.

Walikota juga menjelaskan bahwa Kota Mojokerto adalah Kota terkecil ke tiga se Indonesia dengan potensi sumberdaya alam yang hampir tidak ada. Namun keterbatasan sumberdaya alam bukanlah sebuah hambatan.
“Kita punya potensi sumberdaya manusia yang luar biasa, darah kita memiliki keturunan Majapahit yang memiliki semangat spirit of Majapahit, dari sumberdaya manusia ini kita bisa memiliki daya saing”. jelas Walikota.

Terkait dengan potensi 7 aliran sungai yang mengelilingi Kota Mojokerto , Ning Ita (sapaan akrab Walikota Mojokerto) menggagas grand desain untuk membuat Proyek Strategis Wisata Taman Bahari Majapahit yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Selain keterbatasan pemanfaatan potensi alam , Harapan Ning Ita kedepan Kota Mojokerto bisa menjadi Barometer Pelayanan Publik dan Penyelenggaraan Pemerintahan terbaik di Indonesia. Dan satu hal yang menjadi semangat bagi Kota Mojokerto, yaitu Inovasi.

banner 468x60

Inovasi adalah jawaban atas berbagai persoalan yang dihadapi di dalam baik penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat kota Mojokerto.
Oleh karena itu Ning Ita merumuskan Inovasi-inovasi yang berkaitan dengan tuntutan masyarakat.

Inovasi yang dilahirkan Kota Mojokerto yang tercatat di Kemendagri sebanyak 176 inovasi dan 106 penghargaan dari tahun 2019-2023. Dari sekian banyak inovasi yang dilahirkan Kota Mojokerto mendapat penghargaan menjadi kota ter inovatif pada penghujung tahun akhir 2022 dan Ning Ita dinobatkan sebagai Walikota terinovatif di Indonesia. Inovasi-inovasi yang dilahirkan diantara nya inovasi Gayatri dan inovasi Gempa Genting.
Hingga saat ini inovasi Gayatri di adopsi oleh Kemenkes RI menjadi sebagai payled projects menjadi Satu Sehat Indonesia.

Selain itu Ning Ita juga menceritakan bahwa Kota Mojokerto adalah Kota sejarah , dimana Proklamator RI Bung Karno yang semasa kecilnya mengenyam pendidikan di Kota Mojokerto. Walikota Perempuan pertama di Kota Mojokerto tersebut juga menuliskan bahwa beliau menulis buku tentang Jejak Soekarno di Kota Mojokerto, dan bukunya nanti akan dibagikan ke semua peserta PKA yang hadir.

Kota Mojokerto memiliki 2 lembaga sekolah yang dulu nya tempat Bung Karno mengenyam pendidikan, Ini merupakan potensi sejarah bagi Kota Mojokerto. Rencananya 2 lembaga sekolah tersebut akan disulap menjadi Galeri Soekarno dengan menunggu rekomendasi dari pusat.
Walikota Ning Ita juga menuturkan bahwa keterbatasan sumberdaya alam bukanlah penghalang suatu hal untuk berkembang lebih maju, hanya motivasi spirit Majapahit lah yang membuat Kota Mojokerto menjadi Kota yang mempunyai daya saing dan kemandirian. (Cha/ADV)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60