HABARI.ID, MOJOKERTO I Pemerintah Kota Mojokerto melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto menggelar Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka yang diadakan di Pendopo Sabha Mandala Madya Pemkot Mojokerto , Kamis (16/3/23) pagi.
Saat ini merupakan hari ke tiga acara berlangsung, kegiatan diadakan mulai hari Selasa tanggal 14 Maret dan selesai Jumat 17 Maret besok.
Kegiatan ini di ikuti oleh ratusan guru dan Kepala Sekolah Paud, KB, TK, RA se Kota Mojokerto.
Narasumber dihadirkan dari Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Timur antara lain:
1. DR. Widya Ayu Puspita
2. Minarni Puji S. M.Pd
3. Nuriyati,M.Pd
4. Kartika Wulandari M.Pd,
Sosialisasi ini bertujuan untuk memperdalam kurikulum Merdeka supaya dapat dipahami dan dilaksanakan untuk metode pendidikan kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan ini membahas Konsep Kurikulum Merdeka, KOSP, Pembelajaran dan Assessment dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Kurikulum Merdeka dinilai lebih unggul karena lebih sederhana, lebih merdeka, lebih relevan dan interaktif.
Untuk satuan pendidikan yang memilih Kurikulum Merdeka,
implementasinya dapat disesuaikan dengan kesiapan
masing-masing
Pilihan 1: Mandiri Belajar
Menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum
Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan
yang sedang diterapkan.
Pilihan 2: Mandiri berubah
Menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan
perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan
pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.
Pilihan 3: Mandiri Berbagi
Menerapkan Kurikulum Merdeka dengan
mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi membuka kembali pendaftaran bagi satuan
pendidikan yang ingin mengimplementasikan
Kurikulum Merdeka secara mandiri untuk Tahun Ajaran
2023/ 2024 mulai tanggal 6 Februari sampai dengan 31
Maret 2023 melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM)
dengan mengakses
http://guru.kemdikbud.go.id/pendaftaran-ikm.
Struktur Kurikulum Merdeka diantaranya adalah:
1.Pembelajaran Intrakurikuler
• Dirancang untuk mencapai
Capaian Pembelajaran
• Merdeka Belajar, Merdeka
Bermain
• Kegiatan bermain yang
menyenangkan & bermakna
• Sumber belajar nyata & dari
lingkungan, teknologi dan buku
• Sumber belajar yang tidak
tersedia secara nyata dapat
dihadirkan dengan dukungan
teknologi dan buku bacaan
anak.
2.Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila
• Memperkuat pencapaian
profil pelajar Pancasila
• Konteks perayaan tradisi
lokal, hari besar nasional
dan internasional
• Mengacu pada dimensi,
elemen dan sub elemen
pada Profil Pelajar
Pancasila pada Kurikulum
Merdeka
• Satu tahun menggunakan 1 dan 2 tema.
Narasumber mengharapkan nantinya kawan-kawan guru dan kepala sekolah
lebih paham lagi tentang implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan yang masing-masing kemudian yang kedua tidak ada Miss konsepsi atau konsep yang salah dalam implementasi kurikulum Merdeka kemudian berharap bahwa nanti teman-teman akan memaparkan hasil yang didapat di sini, kepada teman-teman yang lain yang belum berkesempatan untuk mengikuti kegiatan ini terutama teman-teman di masing-masing satuan pendidikan.
Kemudian yang kawan-kawan guru/kepala sekolah dapat selalu mengupdate pengetahuan sikap keterampilan terkait kurikulum Merdeka mengakses bahan-bahan yang sudah disiapkan oleh pemerintah melalui platform Merdeka mengajar. (Cha/ADV)