Pemkab Gorontalo Kembali Bagikan Mesin Alsintan Untuk 12 Poktan

oleh
oleh

HABARI.ID, KABGOR | Sebanyak 12 kelompok tani di Kecamatan Bongomeme mendapat bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling Up Initiative (Readsi), Rabu (24/05/2023).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menjelaskan bahwa penyaluran bantuan Alsintan bagi kelompok tani yang tersebar di tiga desa merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah, agar produksi pertanian maupun pendapatan petani bisa lebih berlimpah.

banner 468x60

“Kabupaten Gorontalo adalah salah satu daerah penyumbang terbesar produksi pertanian di Provinsi Gorontalo. Tentu berkat kerja keras dan dukungan pemerintah, untuk itu kami manjakan para petani dengan alat-alat pertanian yang memadai,” jelas Nelson selepas menyalurkan Alsintan bersama Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo.

Adapun 12 kelompok tani yang memperoleh Alsintan itu tersebar di Desa Batulereng dan Desa Bongohulawa masing-masing untuk 5 kelompok tani, sedangkan sisanya diperuntukan bagi 2 kelompok tani di Desa Liyoto, Kecamatan Bongomeme.

“Dengan dukungan pemerintah daerah melalui Alsintan, maka bukan hanya hasil pertanian saja yang melimpah, tapi juga dari seni ekonomi pun saya yakin bisa bertambah. Apalagi fasilitas pertanian sudah tersedia, maka saya berharap petani bisa mengoptimalkan lahan pertanian yang ada,” ungkapnya.

Tidak hanya soal produksi pertanian maupun Alsintan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo pun telah memikirkan perlindungan kesehatan bagi para petani. Pemerintah telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan melindungi dari kemungkinan resiko gangguan kesehatan.

“Asuransi untuk petani ini sangat penting untuk masa depan para petani, makanya kita bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu juga untuk penyuluh pertanian karena mereka yang selalu mendampingi dan menjadi garda terdepan membangun pertanian yang mandiri,” ucapnya. (dik/habari.id)

banner 468x60

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60