Menjaga Indonesia

Pemda dan Bakamla Perkuat Maritim di Wilayah Utara Gorontalo

HABARI.ID, KWANDANG – Kegiatan dialog sambil minum kopi mungkin sudah biasa dilakukan, namun kali ini cara unik dilakukan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara bersama pihak Badan Keamanan Laut (Bakamla) wilayah zona maritim tengah, yang menggelar kegiatan Coffee Morning di tengah laut.

Kegiatan coffee morning yang dirangkaikan dengan dialog interaktif itu disiarkan langsung di media sosial, di perairan Kecamatan Kwandang dan Ponelo Kepulauan, Kamis (25/4/2019), dengan menggunakan kapal milik Bakamla.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Indra Yasin mengungkapkan Kabupaten Gorut berada di posisi utara Provinsi Gorontalo, yang menjadi teras bagian utara Indonesia.

“Tentu dengan kehadiran Bakamla di Gorut, maka bertambah lengkap lagi satuan pengamanan yang ada di Gorut. Baik yang ada di darat maupun dilaut, sudah berada disini (Gorut). Oleh sebab itu, Pemda Gorut sangat apresiasi pihak Bakamla, dalam memperkuat pertahanan dan keamanan di gugus paling depan teras Indonesia,” ungkap Bupati.

Bupati Indra Yasin juga mengungkapkan, letak geografis pantai Gorut lebih luas dibandingkan dengan daratan Gorut. Dan ini adalah bagian program Pemda Gorut di bidang maritim.

“Maka dengan sistem keamanan Lanal, Pol Air, dan Bakamla, Gorut dengan 52 pulau akan lebih terawasi dan terkendali dari pencurian ikan serta penyelundupan narkoba lintas pulau,” ungkap Bupati Indra.

Nantinya tindaklanjut kerjasama Pemda Gorut dengan Bakamla, lanjut Indra, akan dilakukan penandatanganan MoU dengan pihak Bakamla disela-sela agenda Sidang Paripurna Istimewa HUT Gorut, Jumat (26/4) besok.

“Salah satunya MoU tentang lokasi yang akan dipersiapkan sebagai markas Bakamla di Gorut. Dan kami sudah menyediakan sekitar 3-4 Hektar untuk pembangunan Markas Bakamla nanti,” pungkas dua periode itu. (hms/hb.id)