Pembukaan Festival Pantai Pohon Cinta 2024 Berlangsung Meriah

oleh

Festival Pesona Pohon Cinta (FPPC) resmi di mulai yang ditandai dengan penabuhan beduk dan marwas oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Wakil Bupat, Suharsi Igirisa, Direktur Musik, Film dan Animasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. Mohamad Amin, SSN.,M.SN.,MA, Pj. Gubernur Gorontalo diwakili Kadis Pariwisata Provinsi, Dr. Ir. Ariyanto Husain,M.MP, Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Dr. Pagar Butar-Butar, SH.,M.Si, dan Staf Khusus DPR RI, Mikson Yapanto, Rabu, (03/07/2024).

Diketahui, FPPC ini baru kali pertama digelar di Pohuwato sejak masuk menjadi iven nasional atau Karisma Event Nasional. Pelaksanaan Festival Peson Pohon Cinta itu turut dihadiri perwakilan bupati dan wali kota se-Provinsi Gorontalo, serta dari Dinas Pariwisata kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.
Hadir pula Forkopimda Pohuwato, Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo, Kakanwil Kemenag Provinsi, Ketua TP.PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, Sekda Pohuwato dan para pejabat pemda, serta organisasi wanita lainnya.

banner 468x60

Dikatakan Bupati Saipul Mbuinga, event ini adalah yang ke-7 kalinya dilaksanakan oleh Kabupaten Pohuwato dengan nama dan lokasi yang sama dan juga dihadiri oleh pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun, sebuah kebaanggan tersendiri bagi kami pemerintah daerah karena telah lolos menjadi salah satu daerah yang masuk dalam karisma event nusantara (KEN), sehingga dapat dipromosikan secara nasional bahkan internasional bersama dengan 119 even daerah lainnya oleh Kemenparekraf RI dan mitra pemerintah baik di dalam dan luar negeri.

Secara geografis, Kabupaten Pohuwato terletak di jalur lintas sulawesi dengan luas wilayah sekitar 4.244 km², terdiri dari 13 kecamatan, 104 desa yang di dalamnya terdapat banyak potensi budaya lokal, ragam etnis, suku, kuliner tradisional daerah, kerajinan yang tak kalah bersaing dengan daerah lainnya. “Hal tersebut menjadi faktor pendorong pemerintah daerah dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui pelaksanaan event Festival Pesona Pohon cinta 2024. Sebab dengan kita semakin banyak mengembangkan sektor pariwisata secara otomatis dapat berdampak pada usaha-usaha disektor lainnya”,ungkap bupati.

Diakhir sambutan Bupati Saipul berharap festival pesona pohon cinta menjadi momentum yang sangat tepat dan konkrit dalam mendongkrak ekonomi masyarakat di Kabupaten Pohuwato. “Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif RI bersama tim yang telah sudi menghadiri event ini, juga kepada semua pihak termasuk sponsorsip, teristimewa masyarakat Pohuwato yang telah menyukseskan kegiatan pada hari ini”,pungkas Saipul.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Provinsi, Dr. Ir. Ariyanto Husain, menjelaskan untuk bisa masuk ke KEN tidaklah mudah, kurasinya berlapis dan menegangkan. Alhamdulillah Provinsi Gorontalo ketambahan satu iven yang bergensi di Indonesia yaitu di Pohuwato.

“Saya sangat gembira, dengan menghadiri sebuah festival yang memberi penekanan dengan mengusung “Tourism for future” pariwisata untuk masa depan. Malam ini malam luar biasa, karena baru kali ini Pohuwato bisa menghadirkan sebuah iven nasional yang bergensi”,ujarnya.

banner 468x60

Sementara itu, Direktur Musik, Film dan Animasi, Kemenparekraf RI, Dr. Mohamad Amin, memberikan apresiais kepada Pemda Pohuwato melalui Disparpora Pohuwato, dan juga semua pihak, di mana FPPC telah sukses masuk KEN. Dari 101 iven yang mendapat KEN, ada 252 yang mendaftar di Kementerian, dan FPPC merupakan 40 persen dari yang terbaik di Indoneesia.

“Tapi tahun depan lebih baik, lebih bagus lagi, berupa kriteria ide dan inoveasi, pemasaran dan strategi komunikasi, manajemen keuangan, menajamen kegiatan dan analisa dampak, ini semua dikelola sehingga tahun depan bisa bersaing dengan daerah lain”,ucapnya.

sebelumnya, dilakukan penyerahan penghargaan dari Kemenparekraf ke Pemda Pohuwato atas capaian pada Karisma Event Nusantara, Penyerahan cenderamata dari Pemda Pohuwato ke Kemenparekraf, Penyerahan penghargaan dan dukungan digitalisasi keuangan daerah oleh pemerintah daerah ke
Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo, Penyerahan penghargaan pemerintah daerah kepada Kemenkumham atas dukungan pertumbuhan UKM/IKM di Kabupaten Pohuwato, Penyerahan sertifikat hak cipta senam pepoci kepada Ketua Perwosi Kabupaten Pohuwato.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60