Menjaga Indonesia

Pastikan Faskes Berjalan Maksimal, Dikes Provinsi Gelar Monev

HABARI.ID I Memastikan layanan kesehatan yang diberikan Faskes (fasilitas kesehatan) tingkat pertama di kabupaten/kota berjalan secara maksimal, Seksi Pelayanan Kesehatan Primer & Tradisional Dikes Provinsi Gorontalo melakukan evaluasi.

Evaluasi ini juga dilakukan dengan monitoring dan evaluasi fasilitas kesehatan serta, peningkatan mutu akreditas di fasilitas kesehatan tingkat primer, dan kesehatan tradisional, Kamis (6/2/2020).

Plt. Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole mengatakan, evaluasi agar layanan kesehatan berjalan secara maksimal, dengan mengedepankan upaya peningkatan mutu. Menurutnya, pembinaan puskesmas merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Selama ini banyak upaya dilakukan, dalam memperbaiki dan memantapkan pelaksanaan pembinaan puskesmas mulai dari penerbitan NSPK, juga pengalokasian dana untuk pelatihan dan peningkatan kemampuan teknis bagi petugas puskesmas dalam melaksanakan manajemen Puskesmas serta dukungan lainnya,” ungkap Misranda.

Dia juga mengingatkan, peran Dikes Provinsi Gorontalo yaitu untuk memonitor pelaksanaan program pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

“Seperti, evaluasi, supervisi, bimbingan teknis maupun pada kegiatan pertemuan yang dilaksanakan secara periodik,” tambahnya.

Terakhir, dirinya berharap puskesmas diseluruh wilayah Provinsi Gorontalo terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.(fp/habari.id)