Menjaga Indonesia

42 Dokter Internsip Siap Mengabdi di Gorontalo

HABARI.ID I 42 dokter internsip peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) angkatan I tahun 2020 diterima Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi Gorontalo. dan siap bertugas. Sebelumnya ada 39 peserta program PIDI telah menyelesaikan tugasnya selama 1 Tahun.

Kamis (6/2/2020), digelar acara Lepas Sambut peserta PIDI angkatan I Tahun 2020, yang dibuka Plt Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda, di hotel Horison Nayomi Gorontalo.

Misranda mengatakan, nantinya para peserta PIDI akan ditempatkan pada tiga wahana, yakni RSUD Tani dan Nelayan, RSUD dr. Zainal Umar Sidiki, dan RS Islam Gorontalo.

Menurutnya, PIDI turut membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dia juga mengakui, kebutuhan dokter di fasilitas layanan kesehatan di Provinsi Gorontalo masih di dominasi dari pemenuhan peserta PIDI. Terbukti, PIDI tahun 2020 ini, merupakan yang ke-6 kalinya.

“Saat dibuka kuota untuk tiga wahana di Provinsi Gorontalo, Alhamudulillah ternyata banyak peminat,” ungkap Misranda.

Dia berharap, program PIDI ini terus dilakukan secara berkelanjutan di Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, Sekretaris Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) pusat dr. Rini Rachmawati mengungkapkan, program PIDI tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini kata dia, para dokter internsip akan menjalankan tugas selama 6 bulan di rumah sakit, dan 6 bulan di puskesmas.

“Kami berharap, teman-teman dokter internship ini akan membantu program prioritas nasional, seperti penurunan angka stunting, HIV, TB, dan penyakit lainnya,” ungkap dr Rini.(fp/habari.id)