Menjaga Indonesia

MTQ, Wahana Membentuk Karakter Generasi Qur’ani

HABARI.ID I Sebanyak 101 Kafilah dari lima kelurahan di Kecamatan Dumbo Raya, Sabtu (15/02/20) malam mengikuti Musabakah Tilawatil Quran (MTQ), tingkat kecamatan.

Menurut Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono, Al Quran adalah Kitab Suci yang syarat dengan motivasi dan inspirasi. Umat muslim bisa memperluas wawasan dengan memperdalam ilmu pengetahuan menyempurnakan akhlak, dan menciptakan generasi yang qur’ani.

“Pada hakekatnya, MTQ adalah upaya meningkatkan ukhuwah islamiah, mendidik, memperkuat akhlak dan menyiarkan syariat Islam …,”

“Sehingga itu, pemerintah kota Gorontalo mengapresiasi kepada Pemerintah Kecamatan Dumbo Raya, yang telah melaksanakan kegiatan MTQ ini,” ujar Ryan.

Diungkapnya, kegiatan tersebut digelar mulai dari tingkat kecamatan, kemudian tingkat kota Gorontalo. Setelah itu perwakilan dari Kota Gorontalo akan mengikuti lomba yang sama di tingkat provinsi hingga ke tingkat nasional.

MTQ ini, menjadi bagian dari program pemerintah kota Gorontalo dalam rangka menegakkan nilai agama di tengah-tengah masyarakat.

Wakil Wali Kota dan Sekot Gorontalo saat berpose bersama Camat dan official Kafilah pada acara pembukaan MTQ di Kecamatan Dumbo Raya, Sabtu (15/02/2020).[foto_hms.pmkt]
Sehingganya, pemerintah kota Gorontalo terus berupaya memasyarakatkan TPA dan TPQ, serta mendukung dan memberikan perhatian khususnya terhadap guru di TPA dan TPQ.

“Melalui TPA dan TPQ, anak-anak kita akan didik dengan baik. Di Kota Gorontalo, ada sekitar 200 TPA dan TPQ yang tersebar. Ini menjadi wadah bagi mereka,” terang Ryan.

Sementara itu Sumaryadi Tone, Camat Dumbo Raya menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari visi misi Pemerintah Kota Gorontalo dalam menjadikan masyarakat religi.

“Ada sebanyak 101 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Kami wajibkan seluruh TPA/TPQ untuk ikut dalam kegiatan tersebut …,”

“Melalui kegiatan ini kami, berharap perwakilan Kecamatan Dumbo Raya bisa menjadi perwakilan Kota Gorontalo, sampai ke tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional,” harap Sumaryadi.(4bink/habari.id)