Menjaga Indonesia

Bantu UMKM Selama Masa Pandemi Covid-19, MGG Siapkan Sistem Lacak Pedagang

HABARI.ID I Kebijakan pembatasan sosial telah menyebabkan masyarakat kesulitan mencari nafkah hingga kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu sektor informal yang merasakan dampak kebijakan penanganan Covid-19 ini, adalah pedagang dan UMKM yang kehilangan pembeli.

MGG (Mata Garuda Gorontalo) – asosiasi alumni penerima beasiswa LPDP – menginisasi gerakan “Lacak Pedagang di Sekitarmu”. Mereka menyiapkan sistem khusus yang bisa mempertemukan pedagang dan konsumen yang membutuhkan barang kebutuhan sehari-hari.

Caranya mudah. Pedagang bisa mengakses link Lacak Pedagang; bit.ly/LacakMGG. Cukup menjawab beberapa pertanyaan lalu mengisinya, nama pedagang, lokasi atau alamat, nomor phonecell, dan jenis barang yang dijual, sudah akan terdaftar dalam aplikasi Lacak Pedagang.

Bantu UMKM Selama Masa Pandemi Covid-19 MGG Siapkan Sistem Lacak PedagangLacak Pedagang yang diinisiasi Mata Garuda Gorontalo ini, memudahkan akan masyarakat konsumen untuk mendapatkan informasi yang lengkap pedagang dan jenis barang yang dijual dengan ongkos kirim yang relatif terjangkau, dan sudah dipetakan berdasarkan zona masing-masing melalui link;

Kota Gorontalo: https://bit.ly/PedagangKotaGorontalo
Kabupaten Gorontalo: https://bit.ly/PedagangKabGorontalo
Kabupaten Bone Bolango : https://bit.ly/PedagangBoneBolango
Kab. Gorontalo Utara : https://bit.ly/PedagangGorut
Kab. Boalemo : https://bit.ly/PedagangBualemo
Kab. Pohuwato : https://bit.ly/PedagangPohuato

Dengan mengakses link masing-masing zona ini, masyarakat konsumen bisa dengan segera mendapatkan database pedagang dalam bentuk PDF.

Ada beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian pedagang dan pembeli (konsumen) yang memanfaatkan sistem Lacak Pedagang ini;

1. Tim #LacakPedagang Mata Garuda Gorontalo tidak terlibat dalam transaksi
2. Kualitas barang menjadi tanggungjawab Pedagang
3. Pengiriman dan Pembayaran disepakati bersama.

Konsep sederhana yang digagas MGG ini, membuka peluang bagi pedagang untuk mendapatkan penghasilan sekaligus membantu konsumen untuk memenuhi kebutuhannya selama masa pandemi Covid-19.(rls.mgg/fp/habari.id)