Menjaga Indonesia

Menakar Integritas dan Kompetensi

Puluhan Pejabat Pemkot Ikut Job Fit

HABARI.ID I 24 pejabat di lingkup pemerintah kota Gorontalo, mulai menjalani Job Fit, terhitung mulai Senin (04/11/2019). Uji kompetensi ini, akan digelar selama dua pekan.

Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Dr. Ir, Ismail Madjid mengungkapkan, pelaksanaan uji kompetensi ini berdasarkan berdasarkan Undang-undang No. 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara (ASN), PP Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan surat Komisi Aparatur Sipil Negara No. B/3114/KASN/09/2019, yang diterima Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Gorontalo.

Job fit ini juga sejalan dengan visi misi pemerintah kota Gorontalo. Penyelenggaraan pemerintahan membutuhkan dukungan sumber daya aparatur yang profesional, handal dan berkinerja tinggi …,”

“Memiliki kompetensi dan integritas yang sesuai bidang pekerjaan masing-masing, maupun tugas dan fungsi yang diemban,” ungkap Ismail.

Tujuan dari uji kompetensi ini, menurutnya, juga dalam rangka mengevaluasi kembali kinerja dan kelayakan para pemangku jabatan pimpinan tinggi pratama, dengan membandingkan antara pencapaian kinerja, kompetensi dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh jabatan dengan kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki.

“Manfaatnya, untuk memperoleh pejabatan pimpinan tinggi pratama yang profesional, handal dan berintegritas tinggi, serta memiliki kompetensi dan integritas yang sesuai dengan bidang pekerjaan, maupun tugas dan fungsi yang diemban,” jelas Ismail.

Dalam seleksi pejabat ini, ada beberapa metode yang digunakan, termasuk seleksi kompetensi manejerial, sosial kultural, psikometri, rekam jejak peserta, dan wawancara akhir oleh Walikota Gorontalo dan Wakil Walikota Gorontalo.

“Saya berharap peserta dapat mengikuti ujian ini dengan baik,” kata Ismail Madji.(4bink/habari.id)