Menjaga Indonesia
Daerah

Marten Resmikan Jalan Prof. Lafran Pane, Akbar Minta Kota Gorontalo Jadi Rujukan

HABARI.ID I Peresmian Jalan Prof. Lafran Pane, Jumat (05/02/2021) oleh Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, yang juga Ketua Umum HMI Cabang Manado Periode 1983 -1985, mendapat pujian dari Dewan Penasehat KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam) Nasional, Akbar Tanjung.

Menurut Akbar, pemberian nama Prof. Lafran Pane sebagai pendiri HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) atas Jalan di Kota Gorontalo, sangat baik dan tepat.

“Karena Prof. Lafran Pane, bukan hanya sekedar pendiri HMI. Tetapi merupakan Tokoh kebanggaan, panutan serta Pahlawan Nasional yang mendirika HMI untuk mempertahankan NKRI,” ucap Akbar pada perayaan Hari Ulang Tahun HMI ke 74 di Graha KAHMI Provinsi Gorontalo.

Ia jelaskan, Jalan Prof Lafran Pane di Tanah Air ini salah satunya ada di daerah kelahiran Prof Lafran Pane, yakni di Tapanuli Selatan. Dan satunya lagi ada di Kota Gorontalo, Ibu Kota Provinsi Gorontalo.

Ia berharap, apa yang sudah dilakukan kader HMI bukan lain adalah Wali Kota Gorontalo, agar dapat diteladani oleh kader-kader HMI dan KAHMI lainnya yang menduduki sebagai pejabat daerah.

“Ini adalah sebuah penghormatan kepada Tokoh Nasional dan pejuang kita di HMI Prof Lafran Pane. Saya berharap apa yang sudah dilakukan Adinda Marten, agar bisa dilakukan oleh yang lainnya ..”

“Sehingga nama Tokoh dan Pahlawan Nasional HMI Prof Lafran Pane, bisa ada di seluruh wilalayah Tanah Air. Beliau Prof Lafran Pane adalah Tokoh yang mempertahankan NKRI, mempertinggi derajat rakyat, mengembangkan dan mengajarkan ajara islam,” jelasnya.

Sementara itu Marten katakan, ini adalah hari bersejarah bagi Pemerintah Kota Gorontalo, HMI dan KAHMI di Provinsi Gorontalo. Karena bisa mewujudkan cita-cita bersama, yakni insan cita.

“Prof Lafran Pane, adalah sosok yang menginspirasi semua orang, terlebih kader-kader HMI dan KAHMI. Sebagai kader, kami tentu wajib untuk mewariskan apa yang sudah diberikan kepada kami ..,”

“Baik itu nilai semangat jiwa beliau sebagai Pahlawan Nasional, memberikan motivasi dan inspirasi bagi yang lainnya. Kader Hijau Hitam, harus menjadikan organisasi ini sebagai wadah perjuangan ..,”

“Karena Jenderal Besar Soedirman pernah berkata, HMI itu bukan hanya Himpunan Mahasiswa Islam, tetapi Harapan Masyarakat Indonesia,” pungkasnya.(bnk/habari.id).