Menjaga Indonesia

Listrik di Dudepo Terkendala Lahan

HABARI.ID I Pemasangan jaringan listrik di Pulau Dudepo, masih terkendala dengan pembebasan lahan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara diminta untuk segera menindak lanjuti hal tersebut.

Permintaan tentag pembebasan lahan di Dudepo ini, disampaikan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie saat menggelar Bakti Sosial NKRI Peduli di Pelabuhan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (2/12/2020).

“Pemasangan tower dan jaringan listrik sudah siap hanya terkendala pembebasan lahan dari Pemkab Gorut. Jadi Pak Bupati saya mohon segera ditindaklanjuti,” kata Rusli.

Menurut Rusli, Pemprov Gorontalo telah mengalokasikan dana untuk pemasangan listrik di Dudepo.

Hal ini dilakukan karena dirinya pernah menjanjikan pemasangan listrik di pulau itu.

“Sebelum ke sini saya telpon kepala PLN. Saya kemarin pernah janji di Dudepo agar segera dipasang …,”

“Jadi anggarannya sudah ada tinggal menunggu pembebasan lahan di beberapa titik,” ungkap Rusli.

Rusli berjanji sebelum masa jabatannya berakhir Pulau Dudepo sudah diterangi aliran listrik. Beberapa tahun sebelumnya, pemprov berhasil mengalirkan listrik ke Pulau Ponelo.

“Kan tidak lucu, di depan situ di Pelabuhan Anggrek ada PLTU 50 Megawatt. Di depannya Pulau Dudepo gelap gulita tidak menikmati listrik …”

“Tolong Pak Bupati, teman teman DPRD untuk segera menganggarkan pembebasan lahan,” pintanya.

Gubernur Rusli berpesan kepada warga Gorut untuk senantiasa bekerja dan mendukung program pemerintah baik pusat, provinsi dan kabupaten.

Menurutnya, tidak mudah bagi pemerintah bekerja dan memikirkan anggaran untuk rakyat.(fp/habari.id)