Menjaga Indonesia

Sekolah Dibuka Januari, Ini Komentar Ketua DPRD Kota Blitar

HABARI.ID, KOTA BLITAR I Soal bakal dibukanya sekolah dengan pembelajaran tatap muka pada Januari 2021 mendatang, dikomentari Ketua DPRD Kota Blitar, dr. Syahrul Alim . Menurutnya, meski pemerintah pusat sudah memutuskannya, namun melaksanakannya harus mempertimbangkan beberapa faktor.

Ketua DPRD Kota Blitar, dr. Syahrul Alim mengingatkan kepada instansi terkait untuk mempertimbangkan secara soal pembukaan sekolah dan belajar tatap muka yang sudah mendapat izin pemerintah pusat terhitung mulai Januari 2021.

Menurut pimpinan lembaga legislatif kota Blitar ini, keputusan tersebut tetap membutuhkan kehati-hatian. Kasus COVID-19 yang masih terus berubah polanya, dan belum stabil, menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan secara matang.

“Hari ini mungkin tidak ada kasus. Tapi besoknya muncul lagi ada orang yang tertular. Keputusan membuka kembali sekolah dengan pembelajaran tatap muka, harus mempertimbangkan kemungkinan penularan,” kata dr. Syahrul, Kamis (3/12/2020).

Dinas pendidikan Kota Blitar memang sudah melakukan beberapa simulasi pembelajaran dalam kelas di sejumlah sekolah. Menurut Syahrul, Dinas Pendidikan harus mengevaluasi hasil dari simulasi tersebut dan menyesuaikannya dengan data perkembangan COVID-19.

“unsur terkait harus menghitung kerawanannya, sebelum pemerintah daerah memutuskan untuk memperbolehkan belajar tatap muka. Kalau toh keputusannya jatuh pada pilihan tetap membuka sekolah dengan belajar tatap muka, maka persiapannya harus benar-benar matang …,”

“Persiapkan semua hal yang bisa mencegah terjadinya perebakan, mulai dari sarana dan prasarananya hingga penerapan protokol kesehatan yang ketat. Jangan sampai keputusan membuka sekolah justru menimbulkan ledakan jumlah penderita COVID-19 yang lebih besar,” ungkap dr. Syahrul.(adv/tos/Habari.id)