Kuliah Subuh 4 Ramadan: Dua Unsur Menuju Derajat Takwa

oleh
oleh
takwa
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, saat memberikan kuliah subuh di Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo.

HABARI.ID, KOTA GORONTALO I Surat Al Baqarah ayat 183, begitu terang menjelaskan bahwa tujuan puasa pada bulan ramadan, untuk mencapai derajat takwa. 

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” ucap Wali Kota Gorontalo Marten Taha, mengutip terjemahan surat Al Baqarah ayat 183.

banner 468x60

Pada kuliah subuh di Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo Minggu (26/03/2023), Wali Kota katakan ada dua unsur bagi umat muslim untuk mencapai derajat takwa.

“Pertama melaksanakan apa yang diperintahkan Allah SWT, kemudian kedua meninggalkan atau menjauhi apa yang dilarang Allah SWT ..,”

“Jika kita bisa menunaikan dengan tekun dua unsur ini, maka kita akan mencapai derajat takwa ..,”

“Pembeda antara yang dianjurkan dan dilarang itu, seperti dijelaskan pada Surat Al Baqarah ayat 185, Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil),” ujarnya.

Ramadan adalah wadah bagi umat muslim untuk beribadah, menuju muslim dan muslima yang takwa.

banner 468x60

Kaitan dengan hal itu, masyarakat khususnya generasi muda atau milenial, dalam menunaikan ibadah selalu bersama-sama dengan rekan mereka.

Menurutnya, ini adalah sebuah motivasi bagi orang tua untuk mendorong anak-anak mereka, menunaikan ibadah pada bulan ramadan.

Nah, Pemerintah Kota Gorontalo sendiri memiliki sebuah program kegiatan religi, yang bisa menjadi wadah untuk generasi muda beribadah secara bersama-sama.

Program kegiatan religi itu yakni GSSB atau Gerakan Shalat Subuh Berjamaah, yang sudah lama dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo.

“Saya mengajak seluruh masyarakat termasuk generasi muda, untuk memanfaatkan momen bulan ramadan ini untuk beribadah dengan sungguh-sungguh ..,”

“Sebab, kita tidak tahu apakah pada tahun akan datang kita masih akan dipertemukan atau tidak dengan bulan ramadan ..,”

“Saya juga mendoakan semoga kita semua diberikan kesehatan dan umur yang panjang, kekuatan iman dalam menunaikan ibadah selama bulan ramadan, dan seterusnya,” pungkasnya.(bnk/habari.id).

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60