Komisi I Deprov Sambut Baik Keinginan Masyarakat Kabupaten Buol Kembali Bergabung Dengan Gorontalo

oleh

HABARI.ID | Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo menyambut baik keinginan masyarakat Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah untuk kembali bergabung menjadi bagian dari Provinsi Gorontalo. Menurut AW Thalib langkah penggabungan tersebut harus ditempuh melalui prosedur dan jalur hukum yang berlaku, Senin (21/03/2022).

“Kami siap untuk menerima Kabupaten Buol apabila mereka benar-benar mau bergabung dengan Provinsi Gorontalo. Akan tetapi perjuangannya bukan hanya dua daerah ini, melainkan harus di bawa ke ranah pusat untuk menjadi inisiatif DPR RI. Pemerintah Daerah dan DPRD melegitimasi hal tersebut dan memberikan persanyataan ingin bergabung dengan Provinsi Gorontalo. Begitu pula dengan Gorontalo, maka DPRD Provinsi mengeluarkan persnyataan untuk menerima mereka dalam bentuk surat melalui rapat paripurna,” jelas AW Thalib.

AW Thalib megatakan jika pihak Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo masih menunggu kelengkapan administrasi dari pihak Buol secara resmi, yakni pernyataan bahwa ingin bergabung menjadi bagian dari Gorontalo.

“Bukan hanya dari Presidium saja, tetapi yang kita minta persyaratan administratif lengkap sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 76 tahun 2007. Kalau dari aspek teknis dan aspek fisik tidak ada masalah,” ungkapnya.

Ia menilai masyarakat Buol sangat antusias untuk bergabung dengan Provinsi Gorontalo. Namun, persyaratan Pemerintah Kabupaten Buol maupun Provinsi Provinsi Sulawesi Tengah harus mempersiapkan secara penuh syarat-syarat agar bisa diperjuangkan bersama ke tingkat pusat.

“Tapi kalau ada hambatan secara politis maka kami belum bsa mengukur berapa persen wacana penggabungan dua daerah ini akan terealisasi. Maka harus ada persetujuan bersama antara DPRD Kabupaten atau Kota dengan Bupati atau Wali Kota begitu juga dengan DPRD Provinsi dengan Gubernur,” ucapnya.

Ketua Presidium Buol, Sabri Batalipu mengaku akan memperjuangkan rencana penggabungan dua daerah tersebut, meski Pemerintah Sulawesi Tengah tidak menyetujuai jika Kabupaten Buol akan bergabung dengan Provinsi Gorontalo.

“Provinsi Sulawesi Tengah harus menyadari bahwa Buol adalah milik Provinsi Gorontalo. Bahkan budaya, kultur hingga dari segi ekonomi sama seperti Gorontalo. Intinya, animo masyarakat Buol ingin kembali ke induknya, yakni Gorontalo,” kata Sabri Batalipu. (Dik/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.