Menjaga Indonesia

Jelang Lebaran, Komisi 3 Monitoring di Pelabuhan Bumbulan Pohuwato

HABARI.ID I Jelang lebaran Komisi 3 DPRD Provinsi Goronalo, monitoring di wilayah Pelabuhan Bumbulan Kabupaten Pohuwato, Senin (18/05/20).

Agenda itu, selain bertujuan meninjau aktivitas pelabuhan Bumbulan Pohuwato, juga dalam rangka memonitoring penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) oleh Komisi 3.

Sebab kata Anggota Komisi 3, H. Jasin U. Dilo, momen jelang lebara sekarang ini biasanya aktivitas moda transportasi, baik darat atau laut sangat padat.

Baik itu transportasi yang mengangkut penumpang, dan logistik dari Pelabuhan Bumbulan Kabupaten Pohuwato. Sehingga penting, bagi Komisi 3 untuk melakukan monitoring.

“Pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan Covid-19, menurut Peraturan Menteri Perhubungan, dilakukan melalui pengendalian transportasi untuk seluruh wilayah…”

“Baik terhadap transportasi yang mengangkut penumpang atau logistik, pengendalian transportasi pada wilayah yang ditetapkan sebagai PSBB,” ujar Jasin.

Kehadiran jajaran Komisi 3 di pelabuhan tersebut, Dia ungkap, adalah bagian dari harapan pelabuhan yang aktivitasnya, sebagai pelabuhan pengangkut barang.

“Ini adalah pelabuhan barang, dimana yang terjadi adalah transaksi antara barang yang masuk dan keluar. Harapan mereka, pelaku di perlakukan khusus…”

“Sementara di pelabuhan ini, yang terjadi adalah logistik ini dibawa oleh orang. Dan solusi yang mereka tawarkan, agar para pelaku dagang atau usaha ini, mendapatkan legalisasi dari aparat desa…”

“Paling tidak mendapatkan surat keterangan dari Kapala Desa, bahwa mereka adalah pedagang antar pulau, sehingga dengan modal itu mereka tidak akan mendapatkan masalah,” jelas Jasin.(adv/4bink/habari.id).