Menjaga Indonesia

KM Sabuk Nusantara 133 Mulai Beroperasi, Ini Harapan Wagub

HABARI.ID I Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 113 yang melayani rute Boalemo ke sejumlah pelabuhan di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan mulai beroperasi.

Transportasi laut yang menjadi program Presiden RI Joko Widodo ini diharapkan dapat berlayar berkesinambungan agar dapat memberikan pelayanan transportasi yang murah bagi warga.

“Saya secara resmi melepas pelayaran perdana KM Sabuk Nusantara 113…,”

“Semoga pelayaran kapal tol laut ini akan berkesinambungan untuk memberikan layanan transportasi yang murah, cepat dan aman kepada masyarakat,” kata Wagub Idris Rahim melepas pelayaran perdana kapal tol laut.

KM Sabuk Nusantara 113 merupakan jenis kapal tol laut eksklusif yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Mulai dari ruangannya yang berpendingin udara, 125 tempat tidur, 160 kursi, kafetaria, mushala, hingga layanan pencucian pakaian.

“Pemerintah dan masyarakat Gorontalo mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo melalui Kemenhub yang telah mengalokasikan kapal tol laut yang berpangkalan Tilamuta…,”

“Dengan pelayaran kapal tol laut ini pasti ada pergerakan ekonomi yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” terang Idris.

Guna memberikan dampak terhadap peningkatan pendapatan bagi masyarakat, Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo telah meminta kepada pengelola KM Sabuk Nusantara 113 untuk membeli seluruh kebutuhan logistik di Kecamatan Tilamuta dan sekitarnya.

“Saya sudah sampaikan kepada kapten kapal agar seluruh kebutuhan pokok seperti beras, ikan, sayur dan buah-buahan, dibeli di Tilamuta,” jelas Kadis Perhubungan, Jamal Nganro.

Bagi masyarakat yang akan menggunakan jasa transportasi KM Sabuk Nusantara 113 dapat memesan tiket secara daring di www.nusabook.com. Tarif tiket dari Tilamuta ke Boalemo (Sulteng) hanya Rp9.500.

Tilamuta – Banggai Rp18.100 , Tilamuta – Kolonedale Rp32.600 serta Tilamuta – Makassar Rp66.400. Tarif tiket tersebut tidak termasuk biaya makan selama perjalanan.(fp/habari.id)