Menjaga Indonesia

Kadis Kesehatan Evaluasi Kinerja Yankes Tahun 2020

HABARI.ID I Penanganan Covid-19 di Provinsi Gorontalo, membutuhkan peran semua pihak. Khususnya kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, peran dari masyarakat.

Saat menghadiri Evaluasi Program Yankes Primer dan Tradisional tahun 2020 di Hotel GrandQ, Rabu (27/01/2021), Yana mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum memahami, bahkan tidak teredukasi perihal Covid-19.

Ini kata dia, membuat tenaga kesehatan (nakes), kesulitan dalam menjalankan tugas baik itu dalam pengarahan protokol kesehatan maupun program vaksinasi.

“Kerjasama para tokoh masyarakat, pejabat, bahkan masyarakat itu dibutuhkan untuk mengambil peran dalam sosialisasi, agar seluruh masyarakat Gorontalo memahami pentingnya mematuhi protokol kesehatan,” kata Yana.

Karenanya, Yana mengharapkan agar, masyarakat bisa memahami segala kondisi yang ada, sehingga secara bersama-sama memerangi wabah Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Yana juga menghimbau, agar peran puskesmas dalam mencapai target yang sudah ditentukan perlu ditingkatkan.

Terhadap evaluasi Yankes 2020, Yana mengakui, sebagian besar pelaksanaan kegiatan sudah bagus cakupannya. Tinggal sedikit saja yang harus dibenahi, terutama penanganan Covid-19.(rls).