Menjaga Indonesia
Daerah

Zaman Semakin Pesat, Moralitas Pemuda Semakin Terkikis

HABARI.ID I Perkembangan zaman yang semakin pesat di berbagai sektor kehidupan, membuat moralitas generasi muda semakin terkikis, hal itu membuat berbagai perilaku menyimpang sering terjadi di kalangan generasi muda.

Dalam diskusi webinar bertema peran anak muda dalam menyusun ruang gerak Pemerintahan Gorontalo Rabu (27/01/2021), Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha jelaskan perkembangan zaman yang sangat pesat, adalah salah satu faktor.

“Misal, masalah yang dihadapi oleh generasi muda kita, seperti menurunnya idealisme, kenakalan remaja, kemudian pergaulan bebas karena adanya pengaruh globalisasi, tidak ada batas antar negara saat ini,”ujarnya.

Wali Kota Gorontalo Dua Periode ini menggambarkan, generasi muda sebelumnya mengikuti perkembangan zaman dengan melakukan sesuatu untuk kepentingan bangsa dan negara serta banyak orang.

Berbeda dengan generasi sekarang, begitu banyak generasi muda yang belum bisa memanfaatkan dengan baik perkembangan zaman. Contoh, kemajuan dibidang teknologi yang harusnya bisa membuat mereka mengasah kreatifitas, malah disalah gunakan.

“Karena saat ini semua sudah tersedia dan siap, maka generasi muda saat ini menikmati itu dengan cara cara yang menyimpang,” tambahnya.

Menurutnya salah satu solusi dari permasalahan ini, dengan memperbaiki kualitas ahlak dan pendidikan. Karena ahlak dan ilmu pendidikan merupakan aspek penting, dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia,

“Kita harus memperbaiki kualitas ahlak dan pendidikan, kurikulum pemuda yang dimulai dari SMP dan SMA hingga perguruan tinggi harus menanamkan nilai moral, itu yang masih kurang saat ini,” tuturnya.(bnk/habari.id).