Menjaga Indonesia

Identifikasi Kualitas Ruas Jalan Ngapon-Bendorejo, BPK Perwakilan Jatim Lakukan Uji Sampel

HABARI.ID, TRENGGALEK I Tim pemeriksa BPK Perwakilan Jatim (Jawa Timur) mulai melakukan pengambilan sampel uji ruas jalan Ngampon-Bendorejo, Trenggalek. BPK lalu akan melakukan uji sampel di laboratorium.

Saat melakukan pengambilan sampel uji di beberapa titik di ruas jalan Ngampon-Bendorejo yang belum lama selesai pengerjaannya, tim pemeriksa BPK RI perwakilan Jatim bersama Inspektorat, Dinas PUPR Trenggalek, Konsultan maupun Rekanan.

Berbekal sejumlah peralatan dan perlengkapan pengecekan, tim mulai melakukan pemeriksaan volume hingga kualitas jalan yang pembangunannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020.

BPK Perwakilan JatimTim BPK enggan memberi penjelasan soal pengambilan sampel yang mereka lakukan di wilayah kabupaten Trenggalek ini.

Tapi, pihak Dinas PUPR Kabupaten Trenggalek, membenarkan adanya kegiatan pemeriksaan tersebut. “Hari ini ada jadwal pemeriksaan dari BPK perwakilan Provinsi Jatim terkait ruas jalan Ngampon-Bendorejo,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Trenggalek, Joko Widodo, Selasa (16/02/2021).

Joko Widodo menjelaskan, pengambilan sampel di sejumlah titik di ruas jalan Ngampon-Bendo. Mulai dari titik nol perempatan Bendorejo sampai ke pertigaan pasar Ngampon Desa Rejowinangun.

“Jadi, BPK mengambil sampel di beberapa titik. Dan ini karena BPK Perwakilan Jatim mempunyai format sendiri. BPK akan membawa sampel ini dan akan melakukan identifikasi di laboratorium untuk menguji ketebalan maupun berat jenisnya,” kata Joko.

Menurut Joko, mendapatkan untuk hasil uji laboratoriumnya, bisa memakan waktu 2-3 hari. “Uji lab tersebut akan dilakukan di Dinas PUPR Trenggalek dan pihak BPK akan menyaksikan prosesnya,” tutup Joko Widodo.(Sar/habari.id)