Menjaga Indonesia

Gencar Lakukan Sosialisasi Pencegahan Covid 19, Pemkot Libatkan Banyak Unsur

HABARI.ID I Hingga kini, Pemkot (Pemerintah Kota) Gorontalo gencar melakukan sosialisasi pencegahan Covid 19. Banyak unsur yang dilibatkan, mulai dari aparat kecamatan, Dinas Kesehatan dan OPD lainnya, aparat TNI dan Polri.

Sosialisasi pencegahan penyebaran wabah Covid 19 ini dilakukan baik melalui media, menjalankan protokol dan prosedur penanganan Covid 19 hingga sosialisasi yang dilakukan secara mobile.

Plt Kadis Kominfo Kota Gorontalo Nixon Rahman, Minggu (22/03/20), menjelaskan kegiatan tersebut sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kota Gorontalo dalam menyikapi penyebaran Covid 19.

“Hampir semua wilayah di Kota Gorontalo kami lakukan sosialisasi, dengan menggunakan mobil publikasi. Selain itu kami juga bersinergi dengan aparat kecamatan, TNI/Polri di sembilan wilayah …,”

“Kami berharap, informasi yang kami sampaikan bisa memberi pemahaman kepada masyarakat di Kota Gorontalo,” ujar Nixon.

Sementara itu Camat Kota Timur Eladona Sidiki mengungkapkan, terkait pencegahan penyebaran Covid 19, pihaknya juga bekerjasama dengan Puskesmas Kota Timur.

Sosialisasi dan ajakan kepada masyarakat untuk melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid 19 dilakukan melalui kegiatan yang diprakarsai oleh kecamatan Kota Timur, dengan melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas.

Selain sosialisasi, bakti sosial, bagi-bagi masker dan kegiatan positif lainnya turut diprakarsai kecamatan Kota Timur.

“Kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, adalah yang utama bagi kami. Memang ini menjadi tanggungjawab semua orang, sehingga dalam kegiatan yang kami gelar, ada beberapa komponen masyarakat yang ikut dilibatkan,” jelas Eladona.

Upaya yang sama juga dilakukan Camat Dumbo Raya Sumaryadi Tone. Untuk pencegahan penyebaran wabah Covid 19, kecamatan Dumbo Raya bersinergi dengan instansi vertikal.

Bersama pengelola pelabuhan, aparat kecamatan gencar melakukan deteksi dini terutama kepada setiap penumpang yang baru tiba di Gorontalo, atau hendak meninggalkan Gorontalo dengan menggunakan sarana transportasi laut.

Disamping itu, sosialisasi kepada seluruh masyarakat termasuk para nelayan pun gencar dilakukan.

“Pelabuhan termasuk salah satu tempat yang banyak terjadi interaksi sosial. Sebagai pintu keluar-masuk orang-orang, perlu ada upaya gencar terhadap pencegahan penyebaran Covid 19 di pelabuhan. Untuk hal ini kita tetap berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk Dinas Kesehatan,” ujar Sumaryadi.(rls/fp/habari.id)