Menjaga Indonesia

Genangan di Kota, Kemarin Dibahas Hari Ini Dituntaskan

HABARI.ID I Genangan air pada banda jalan di Kota Gorontalo tidak dipandang sebegai persoalan klasik, oleh Dinas PUPR Provinsi Gorontalo. Tapi sebuah prioritas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak terkecuali genangan air yang ada di Jalan Jhon Aryo Katili, Eks Jalan Andalas menguhubungkan Kecamatan Sipatana dan Kota Tengah.

Baru Senin (04/01/2021) dibahas secara teknis, Selasa (05/01/2021) hari ini instansi yang dipimpin Handoyo Sugiharto itu, langsung menindak lanjuti hasil pembahasan tersebut, menangani genangan air yang di badan Jalan Jhon Aryo Katili.

“Sejak tahun 2019 sampai dengan tahun 2020 kami telah menyiapkan untuk pembangunan kembali ruas jalan ini. Termasuk seluruh saluran pembuangan, yang ada di jalan ini akan direvitalisasi guna mencegah terjadinya genangan,” ujarnya.

Pelaksanaan pembangunan kembali infrastruktur jalan ini tertunda, karena refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. Namun hal itu tidak membuat PUPR Provinsi Gorontalo lengah, untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Kami menurunkan sejumlah staf Bidang Bina Marga. Bahkan sambil menunggu proses pengurusan anggaran dari PT SMi, mulai besok akan segera melakukan penanganan terhadap masalah genangan air,” jelas Handoyo.

“Melalui pemeliharaan, kita akan menyedot air limbah tersebut dengan mobil tinja dan membuangnya ke saluran pembuang …”

“Selanjutnya kita akan segera membuat Box Culvert beton, yang memotong badan jalan agar air bisa mengalir jika terjadi genangan kembali,” timpalnya.(bnk/habari.id).