Dukung Pengembangan UMKM dan IKM, Pemkot Kembangkan Program Grebek Pasar Berbasis IT

oleh
Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono saat menemui Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo RI, Semuel Abrijani, Jum'at (18/10/2019)

HABARI.ID I Pengembangan ekonomi berbasis digital, menjadi visi misi pemerintah kota Gorontalo saat ini. Program pengembangan teknologi informasi juga telah disiapkan, disamping Pemkot terus melakukan penguatan terhadap program pengembangan ekonomi digital.

Terkait dengan penguatan pengembangan ekonomi berbasis digital ini, Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono yang didampingi jajaran pejabat Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo, Jum’at (18/10/2019) melakukan konsultasi di Kementerian Kominfo RI.

“Alhamdulillah, kami dan jajaran pejabat Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo diterima langsung oleh Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan. Pengembangan ekonomi digital adalah salah satu program yang kami konsultasikan ke Kementerian Kominfo RI,” kata Ryan Kono.

Pada kesempatan tersebut, Ryan juga sempat mengungkapkan beberapa program berbasis IT yang akan dimaksimalkan Pemkot Gorontalo.

Termasuk program Grebek Pasar berbasis IT, yang bertujuan membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Gorontalo.

Program tersebut, kata Ryan, mendapatkan respon baik dari pihak Kementerian Kominfo RI, karena dinilai sangat mendukung pelaku usaha di daerah.

“Jika sebelumnya program Grebek Pasar ini hanya dilakukan secara manual, kedepannya sudah berbasis online. Dan Alhamdulillah, Pemkot Gorontalo mendapatkan dukungan dari Kementerian Kominfo RI langsung,” terang Ryan.

Tentang dukungan dari Kementerian Kominfo RI terhadap beberapa program yang sudah memanfaatkan teknologi informasi ini, juga diungkap Plt. Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo, Nixon Rahman.

Diantaranya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional (SPBE).

“Sebagai bentuk dukungan Kementerian Kominfo RI juga akan memberikan beberapa aplikasi ke Pemerintah Kota Gorontalo, demi memaksimalkan pelaksanaan program kegiatan yang diusulkan,” ungkap Nixon.

Tahap awal yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo, kata Nixon yaitu menggelar sosialisasi program aplikasi Grebek Pasar.

“Melalui sosialisasi tentunya akan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM dan IKM, mengenai pemanfaatan aplikasi Gerebek Pasar kedepannya,” tutup Nixon.(4bink/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.