‘Dokter Motabi Kambungu’, Langkah Jitu Thariq Beri Pelayanan Kesehatan Hingga ke Pelosok

oleh
Dokter Motabi Kambungu
Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu

HABARI.ID I Memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik menjadi salah satu target dari Thariq Modanggu dalam memimpin Kabupaten Gorontalo Utara. Upaya itu memang tidak mudah, sebab peningkatan jumlah penduduk dan kebutuhan atas pelayanan kesehatan belum berbanding lurus dengan jumlah dokter. Untuk itu, Thariq menggagas sebuah konsep pelayanan baru, di mana para dokter akan dikirim ke daerah pelosok. Guna memberikan pelayanan bagi masyarakat yang berada di wilayah terpencil.

Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu memberi nama gagasan tersebut dengan sebutan ‘Dokter Motabi Kambungu’.

“Nah, maka saya rasa perlu adanya juga kehadiran Dokter yang kita bungkus dalam agenda Dokter Motabi Kambungu,” ungkapnya.

Lebih dalam Thariq mengungkapkan dengan adanya Dokter yang masuk ke pelosok wilayah, efektivitas pelayanan akan lebih meningkat.

“Jadi bagi mereka yang jauh akses ke tempat kesehatan akan terbantukan, nanti kita buat tim, targetnya dokter-dokter itu akan melayani masyarakat yang berada di pelosok atau pedalaman yang memang sulit akses ke pusat-pusat pelayanan,” ungkapnya.

Langkah strategis ini, kata Thariq juga merupakan tindak lanjut dari aspirasi salah seorang dokter di Kecamatan Anggrek. Aspirasi itu disampaikan dokter itu kala mengikuti pelatihan CPNS yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Dia menyampaikan bahwa jumlah tenaga dokter di wilayah dia bertugas sangat minim, jelas ini menjadi kendala baginya terlebih wilayah Anggrek cukup luas..,”

“Saya pun berpikir, harus ada langkah strategis pelayanan, yakni dengan membentuk tim kesehatan yang bertugas turun sampai ke wilayah pelosok,” tukasnya, (Wi/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *