Dinsos Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas Karang Taruna

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, DINSOS | Dinas Sosial Provinsi Gorontalo mengadakan bimbingan penguatan kapasitas bagi Karang Taruna Provinsi Gorontalo yang berlangsung di Hotel Fox, Rabu (15/05/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh 35 ketua krang taruna dari berbagai kabupaten dan kota.

Assisten I Bidang Pemerintahan Syukri Botutihe dalam arahannya menyampaikan bahwa Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan diri.

banner 468x60

Organisasi ini berfungsi sebagai sarana untuk tumbuh dan berkembang dengan dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial. Syukri menekankan bahwa Karang Taruna berperan penting dalam mencapai kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

“Karang Taruna merupakan wadah bagi pembangunan, pengembangan, serta pendayagunaan kegiatan ekonomi produktif, baik dengan memanfaatkan sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada,” jelas Syukri.

Syukri pun menyatakan bahwa Karang Taruna adalah salah satu penggerak utama dalam pembangunan kesejahteraan di tingkat desa. Selain itu, peran Karang Taruna dalam pembangunan masyarakat sangat besar.

“Oleh karena itu, diperlukan peningkatan potensi dan peran aktif melalui pengembangan jaringan komunikasi, kerjasama, sinergi, dan kolaborasi untuk kemajuan daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PPSKS) Indry Pakaya menjelaskan, bimbingan teknis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

banner 468x60

“Bimtek ini juga bertujuan untuk memperjelas tugas pokok dan fungsi serta meningkatkan kemampuan teknis Karang Taruna. Motivasi juga diberikan untuk meningkatkan komitmen Karang Taruna dalam menjalankan tugasnya di bidang kesejahteraan sosial,” ujar Indry.

Bimbingan teknis ini menghadirkan narasumber Janwar Hippy Dosen Fakultas Hukum dari Universitas Negeri Gorontalo, dan Adnan Z. Nurdin, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) Provinsi Gorontalo. (dik/habari.id)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60