Menjaga Indonesia
Daerah

Dana Kelurahan Tetap Masuk APBD 2021 Kota Gorontalo

HABARI.ID I Memperjuangkan dana kelurahan di Pemerintah Pusat memang tidak mudah bagi Wali Kota Gorontalo, Marten A. Taha, bersama sejumlah Wali Kota tergabung dalam APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia).

Dan akhirnya program dana kelurahan tersebut, mendapat persetujuan dari Presiden RI Joko Widodo, meski anggarannya tidak sebanding dengan anggaran pada program dan desa.

Kini terinformasi anggaran pada dana kelurahan akan mengalami pemangkasan dari Pemerintah Pusat, karena ada sejumlah regulasi baru dari kementerian terkait.

Namun hal tersebut tidak membuat Pemerintah Kota Gorontalo kehabisan akal, untuk memperjuangkan program dana kelurahan yang telah mensejahterakan masyarakat.

Wali Kota Gorontalo, Marten A. Taha jelaskan dalam sambutannya Kamis (17/12/2020), program dana kelurahan tetap akan masuk di APBD tahun 2021.

“Keberadaan dan pengelolaan dana kelurahan selama ini, sudah banyak memberikan dampak positif terhadap pembangunan daearah dan kesejahteraan masyarakat …”

“Inilah alasan utama, kenapa dana kelurahan ini wajib bagi kami Pemerintah Kota Gorontalo, untuk memasukkannya pada APBD tahun 2021,” jelas Marten.

Memang anggaran program dana kelurahan hanya terbatas, namun tidak membuat Pemerintah Kota Gorontalo kehabisan cara untuk memaksimalkan pengelolaan dana kelurahan tersebut.

“Buktinya nyata dihadapan kita semua sekarang ini, infrastruktur, sarana dan prasarana terlaksana dengan baik, pemberdayaan masyarakat pun berjalan dengan sempurna …”

“Dan mampu menjangkau berbagai program yang melibatkan masyarakat,” ungkap Marten.

Untuk Kelurahan Padebuolo, dari evaluasi oleh Pemerintah Kota Gorontalo, telah menyelesaikan dengan baik program kegiatan yang di danai dengan anggaran dana kelurahan.

“Saya mewakili Pemerintah Kota Gorontalo, mengapresiasi seluruh kinerja aparat Kelurahan Padebuolo, Kecamatan Kota Timur, LPM …”

“Dan Karang Taruna yang sukses menjalankan program ini dan memberdayakan masyarakat …”

“Ini tentunya menambah semangat kami, Pemerintah Kota Gorontalo, untuk tetap menganggarkan dana kelurahan pada APBD Kota Gorontalo tahun 2021,” jelas Marten.

Terkait dengan fasilitas sarana dan prasarana yang baru saja diresmikan, Marten berharap masyarakat untuk menjaganya.

“Pemerintah Kota Gorontalo, Kecamatan, Kelurahan harus bersinergi dengan masyarakat …”

“Dan saya berharap, pembangunan oleh Pemerintah Daerah, agar dijaga dengan baik sehingga penggunaannya bisa berkelanjutan …”

“Saya juga ingatkan, agar masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan, sebab pandemi Covid-19 belum bisa diprediksi kapan berakhir,” pungkas Marten.

Sementara itu Camat Kota Timur Ella Dona Oktamina Sidiki ucapkan terima kasih, kepada Pemerintah Kota Gorontalo yang terus memberikan perhatian untuk masyarakat Kota Timur.

“Begitu banyak program yang terlaksana dengan baik melalui program tersebut. Hal ini tentunya tidak luput dari dukungan …”

“Serta perhatian Pemerintah Kota Gorontalo kepada masyarakat Kecamatan Kita Timur,” singkat Ella Dona.(bnk/habari.id).