Menjaga Indonesia

Cegah Atlet PON Tertular COVID-19, KONI Gorontalo Terapkan Prokes Ketat

HABARI.ID | Sebanyak 18 atlet dari 9 cabang olahraga telah menjalani Training Center (TC), yang berpusat di Hotel New Regina, Minggu (01/08/2021). Mereka tengah dipersiapkan untuk mengikuti ajang PON XX Papua, Oktober mendatang.

Ketua KONI Gorontalo, Fikram Salilama mengungkapkan, seluruh atlet kemudian akan melalui proses karantina selama dua bulan sebelum keberangkatan mengikuti PON di  Papua.

“Sesuai ketentuan yang sudah kita sepakati bersama tim bahwa semua atlet tidak boleh keluar atau pulang ke rumah, apalagi dengan situasi pandemi covid 19 saat ini. Kami tidak ingin ada atlet yang nantinya terinfeksi virus corona,” jelas Fikram.

Atlet PON
Salah satu atlet PON cabang Sepak Takraw saat menjalani swab test antigen

Selain itu, seluruh atlet maupun pelatih juga menjalani swab test antigen, dan melakukan vaksinasi untuk menangkal penularan Covid-19, bekerjasama dengan dinas terkait.

“Informasi sementara ada satu yang reaktif usai di swab test. Dan yang reaktif itu akan menjalani isolasi mandiri. Karena kami takutkan bisa menular ke yang lain dan ini bisa jadi sangat merugikan kita semua.

“Mereka (Atlet) kita persiapkan untuk membawa nama baik daerah Gorontalo. Kami pastikan pada saat pemberangkatan, tidak ada yag tertular. Jika ada yang tertulir, kemungkinan besar tidak bisa berangkat …,”

“Karena kalau kita loloskan dari Gorontalo tetap akan tertahan di daerah tujuan. Pasalnya akses masuk ke Papua itu sangat ketat nantinya,” tegas Anggota DPRD Provinsi Gorontalo ini.(sdq/habari.id)