Menjaga Indonesia

Beasiswa Lulusan SMK Siap Diperjuangkan

HABARI.ID I Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo akan memperjuangkan beasiswa bagi lulusan SMK untuk melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan minimnya guru produktif di sekolah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, I wayan sudiartha mengungkapkan bahwa harapan Pemerintah agar SMK itu sebagai sekolah yang mencetak guru poduktif, dan setelah lulus langsung berwirausaha secara mandiri.

Namun, dari kunjungan Komisi IV DPRD hampir di seluruh sekolah SMK masih kekurangan guru produktif.

“Maka haharapan kami bahwa dinas terkait membuat analisa struktur dari semua sekolah SMK, kira-kira guru apa yang dibutuhkan untuk mengisi kekosongan yang ada di Provinsi Gorontalo …”

“Dan Komisi IV akan mendorong beasiswa bagi siswa yang telah lulus SMK untuk dikuliahkan, untuk mengisi kekosongan-kekosongan daripada guru -guru produktif itu …”

“Sehingga harapan dari pak Gubernur bahwa harus ada SMK unggulan di setiap kecamatan Akan terwujud kedepan,” jelas I Wayan Sudiartha, usai melakukan kunjungan kerja Komisi di SMK N 3 Kota Gorontalo, Rabu (10/2/2021).

I Wayan menjelaskan lagi, dari kunjungan kerja pula di sekolah masih begitu banyak kekurangan, baik dari segi SDM maupun sarana dan prasarana.

“Banyak yang kita lihat SMK peralatannya ada, siswanya ada tapi guru produktif yang sesuai jurusannya tidak ada. Begitupun sebaliknya, siswanya ada, gurunya ada tapi peralatan yang kurang,” ungkap I Wayan

“Jadi hal-hal itu kami dari Komisi IV evaluasi secara menyeluruh bahwa semua SMK kedepan kami harapkan betul-betul menjadi rujukan bahwa SMK itu adalah siswa-siswa yang betul-betul terampil …”

“Dan setelah keluar dari bangku sekolah bisa bisa mandiri, menciptakan lapangan pekerjaan sehingga mengurangi angka pengangguran di Provinsi Gorontalo,” timpalnya.(dik/habari.id).