Menjaga Indonesia

Bantu UMKM Kembangkan Jejaring, Diskumperindag Gelar Temu Mitra

HABARI.ID I Mengembangkan bisnis, hal penting yang harus dilakukan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah menambah jejaring kerja. Terkait hal ini, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo menggelar workshop mitra yang digelar di New Hotel Rahmat, Kamis (20/2/2020).

Pertemuan tersebut melibatkan seluruh UMKM di Provinsi Gorontalo dengan mengambil tema “Rekonstruksi Pemikiran Gerakan UMKM Naik Kelas”.

Kepala Diskumperindag Provinsi Gorontalo M Nadjamudin mengakui jika UMKM dan usaha rumah tangga mempunyai peran penting dalam meningkatkan perekonomian daerah.

Namun sebagian besar, kata Nadjamudin, para pelaku usaha masih cenderung memiliki gaya yang monoton dalam mengelola usahanya.

“Olehnya, melalui kegiatan ini dapat membantu pelaku usaha untuk lebih mengenal satu sama lain sehingga terjadi pertukaran informasi dan berbagi pengalaman,” kata Nadjamudin.

Salah satu manfaat workshop tersebut, lanjut Nadjamudin, adalah bertambahnya jejaring usaha kemitraan yang bermanfaat untuk menumbuhkembangkan usaha mereka.

Selain itu, dapat menambah wawasan, pengalaman dan pengetahuan bagi pelaku UMKM di Gorontalo dalam rangka mengelola dan mengembangkan usahanya masing-masing.(fp/habari.id)