Angka Partisipasi Sekolah di Kabupaten Gorontalo Capai 98 Persen

oleh
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat bertatap muka dengan siswa-siswi SMA Negeri 1 Telaga, Sabtu (30/11/2019)

HABARI.ID I Sebagai seorang yang lama malang melintang di dunia pendidikan, ia tahu betul tantangan yang dihadapi dunia pendidikan serta hal-hal yang perlu dilakukan demi peningkatan mutu dan kualitas pendidikan.

Menurutnya, sekolah tidak hanya sekedar didukung fasilitas, melainkan harus ditunjang dengan manajemen dan pengelolaan yang baik.

Dalam kapasitasnya sebagai Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo telah mengalokasikan anggaran untuk menajemen dan layanan pendidikan.

Dan itu mampu meningkatkan angka partisipasi sekolah (APS), mulai dari jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Tahun 2018, APS rata-rata 98 persen.

APS adalah indikator dasar yang digunakan untuk melihat akses penduduk pada fasilitas pendidikan khususnya bagi penduduk usia sekolah.

Semakin tinggi APS, semakin besar pula jumlah penduduk yang berkesempatan mengenyam pendidikan.

“Yang terpenting adalah siswa harus bisa merasa enjoy saat belajar dan berada di lingkungan sekolah. Sekolah harus tetap bersih …,”

“Dan anak-anak kita sudah harus punya visi dan cita-cita,” kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Telaga, Sabtu (30/11/2019).

Sekolah, kata Nelson, menjadi tempat bagi generasi penerus bangsa dalam mengasah kemampuan akademik.

Dalam konteks itu, guru pun harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta mampu menghadirkan inovasi dalam proses pembelajaran.

Bupati sempat bertatap muka dengan para siswa, disamping melihat fasilitas yang ada dan meninjau pengelolaan Bank Sampah yang ada di sekolah. Selain di SMA Negeri 1 Telaga, Bupati Nelson juga berkunjung ke SNA Negeri 2 Telaga Biru dan SD Negeri 2 Telaga.(dwi/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.