663 Satuan Pendidikan di Kabupaten Gorontalo Terapkan Kurikulum Merdeka Tahun 2023

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, KABGOR | Sebanyak 663 satuan pendidikan di Kabupaten Gorontalo telah merangkul semangat baru dalam dunia pendidikan dengan menerapkan Kurikulum Merdeka sepanjang tahun 2023. Kabar baik ini diungkapkan oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam rangkaian kegiatan evaluasi program mandatori PGRI yang digelar, Minggu (19/11/2023) lalu.

Dalam penyampaiannya, Bupati Nelson menyoroti pentingnya komitmen pemerintah daerah dalam mendukung inisiatif pemerintah pusat, khususnya di sektor pendidikan. Kurikulum Merdeka, menurutnya, telah membawa manfaat signifikan dengan mengurangi beban akademik dan memberikan dorongan positif kepada seluruh guru untuk menjadi lebih produktif.

banner 468x60

“Terdapat tiga pilihan implementasi Kurikulum Merdeka belajar bagi satuan pendidikan yang memilih untuk mengadopsinya, yakni Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi,” ungkap Nelson.

Nelson menekankan bahwa langkah ini adalah upaya konkret pemerintah daerah dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih dinamis dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik serta tuntutan perkembangan zaman. Kurikulum Merdeka, sebagai terobosan penting, bukan hanya mengubah cara belajar mengajar, tetapi juga menjadi pendorong transformasi dalam budaya pendidikan.

“Saat ini, kami terus berupaya untuk memotivasi dan mengajak kolaborasi seluruh stakeholder di bidang pendidikan, dengan harapan dapat meningkatkan mutu tenaga pengajar dan merangsang inovasi dalam proses pembelajaran,” tambahnya.

Menyongsong masa depan, Bupati Nelson memandang bahwa implementasi Kurikulum Merdeka bukan sekadar perubahan program, melainkan sebuah langkah strategis dalam menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan dan bermakna.

“Kami menekankan pada pengembangan aspek karakter, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia, menuju terciptanya Profil Pelajar Pancasila,” jelas Nelson.

banner 468x60

Dengan semangat ini, Gorontalo memasuki babak baru dalam memberikan pendidikan yang berkelanjutan dan relevan, sejalan dengan arus perubahan global. Melalui langkah-langkah progresif seperti ini, Kabupaten Gorontalo menunjukkan komitmennya untuk memberikan pendidikan yang tidak hanya memenuhi standar, tetapi juga membangun generasi yang tangguh dan siap menghadapi tantangan masa depan. (dik/habari.id)

Baca berita kami lainnya di