6 Makanan Penambah ASI yang Wajib Ibu Konsumsi!

oleh
https://www.pexels.com/
banner 468x60

Bayi membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk pertumbuhannya. Salah satunya Air Susu Ibu atau lebih dikenal dengan singkatan ASI. Makanan penambah ASI pun direkomendasikan agar ibu dapat menyusui lebih optimal. Ibu menyusui memang harus terpenuhi gizi dan makanan sehat untuk dapat memproduksi ASI berkualitas.

Pada 6 bulan pertama, bayi tentunya belum dapat diberi makanan. Jadi, ASI atau susu formula merupakan asupan utama untuk pertumbuhan bayi. Bukan sekedar air saja, ASI dapat membuat bayi kenyang dengan berbagai kandungan gizi didalamnya.

banner 468x60

6 Makanan Penambah ASIĀ 

Tubuh ibu secara alami memproduksi ASI dan mendapatkan stimulasi saat bayi menyusu. Faktor lain seperti penggunaan obat atau stres pada ibu dapat mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan. Dengan adanya makanan penambah ASI, diharapkan dapat memperlancar produksinya. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu memperlancar air susu ibu:

Sayur-sayuran

Sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan sumber galaktagog seperti brokoli, daun katuk, bayam, kale dan daun jinten. Ibu menyusui dapat mengkonsumsi sayuran hijau 1-2 porsi setiap hari. Sayuran hijau juga mengandung senyawa fitoestrogen di mana senyawa ini serupa dengan hormon estrogen yang mendukung produksi ASI.

Buah-buahan

banner 468x60

Selain sayur-sayuran, buah juga cocok untuk dikonsumsi ibu menyusui. Beberapa buah memiliki kandungan yang baik seperti pisang yang mengandung potasium. Zat ini penting dan dibutuhkan selama masa kehamilan dan pasca kehamilan. Selain itu juga pisang mengandung kalium untuk keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh.

Buah lainnya yang bisa menjadi pilihan bagi ibu menyusui seperti:

  • Pepaya dengan kandungan vitamin C
  • Blewah yang memiliki serat tinggi, vitamin b dan vitamin k
  • Alpukat dengan kandungan potasium
  • Blueberry mengandung antioksidan, serat dan vitamin C.

Protein Hewani

Makanan yang mengandung protein hewani seperti ikan, daging dan telur dapat memaksimalkan produksi ASI. Dengan menambahkan jenis hidangan sup pada menu harian dapat membantu ibu untuk melengkapi asupan protein sekaligus memenuhi kebutuhan cairan yang dibutuhkan selama menyusui.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan umumnya mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan juga kandungan lain seperti protein kalsium dan zat besi. Ibu bisa menambahkan kacang merah kacang kenari dan kacang almond sebagai menu makanan harian penambah ASI.

Biji-bijian

Cemilan dari biji-bijian juga dapat berkhasiat untuk memperbanyak ASI. Biji-bijian seperti wijen, biji chia dan biji rami mengandung senyawa fitoestrogen yang dapat membantu untuk meningkatkan produksi ASI.

Gandum Utuh dan Oat

Gandum dan oat merupakan dua bahan yang identik dengan kandungan serat tinggi. Ibu menyusui akan merasa kenyang lebih lama dengan mengkonsumsi bubur oat atau bubur gandum dan dipercaya meningkatkan produksi air susu. Selain itu out juga kaya akan zat besi yang dapat mencegah anemia, penyebab menurunnya pasokan ASI pada ibu baru.

Itulah enam jenis makanan yang bisa Anda pilih agar dapat membantu ASI lebih lancar. Ibu bisa meminta bantuan pasangan atau keluarga lain untuk memasukkan jenis-jenis makanan di atas ke dalam menu harian. Jangan lupa juga untuk lebih rileks dan lakukan hal-hal yang memudahkan selama dalam masa menyusui.

Misalnya untuk memenuhi kebutuhan ibu dan anak bisa dengan berbelanja online agar lebih hemat waktu. Blibli merupakan salah satu marketplace besar di Indonesia yang berupaya memenuhi kebutuhan pelanggannya termasuk kebutuhan keluarga.

Blibli menghadirkan Promo Kebutuhan Ibu dan Bayi, gratis ongkir serta diskon yang memuaskan. Ibu hanya perlu melakukan pembelian di website atau aplikasi dan menunggu barang dikirim ke alamat tujuan.

Berbelanja online di Blibli memang mudah, lebih hemat waktu dan tenaga. Demikian pembahasan singkat mengenai makanan penambah ASI dan rekomendasi berbelanja yang lebih hemat waktu. Yuk, segera belanja dan jangan lewatkan berbagai promo menarik di Blibli!.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60