Menjaga Indonesia

2.000 Vaksin COVID -19 Tiba di Trenggalek, Nakes Jadi Prioritas

HABARI.ID, TRENGGALEK I Sebanyak 2.000 dosis vaksin COVID -19 Sinovac tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, Selasa (26/01/2021).

Saat ini, vaksin tersebut berada di kamar penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek dengan pengawalan ketat.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB (Dinkesdalduk KB) kabupaten Trenggalek, dr. Saeroni mengatakan, jika vaksin ini akan memprioritaskan tenaga kesehatan yang ada di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Vaksin COVID -19 ini rencananya akan kita gunakan untuk vaksinasi tenaga kesehatan,” kata Saeroni di ruang kerjanya, Rabu (27/1/2021).

Saeroni menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi akan terbagi dalam tiga tahap. Pertama adalah tenaga kesehatan, tahap kedua pelayanan publik termasuk TNI/Polri, dan tahap ketiga untuk masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi di Trenggalek pelaksanaannya mulai Jum’at 29 Januari 2021. Setelah itu vaksinasi tenaga pelayanan publik esensial di pendopo kabupaten Trenggalek.

“Jadi ada 10 orang termasuk Forkopimda, kemudian tokoh agama dan tokoh masyarakat,” terang Saeroni.

Menurut Saeroni, mereka yang akan dapat vaksin, sesuai aturan adalah berusia di atas 18 tahun sampai dengan 59 tahun.

Saeroni juga menyampaikan, orang pertama yang akan divaksin di kabupaten Trenggalek adalah Bupati.

Dia menjelaskan, kurang lebih 400 ribu warga Trenggalek nantinya akan mendapat vaksin COVID -19. Angka tersebut sesuai dengan herd immunity yakni sebesar 70 persen dari total jumlah penduduk di kabupaten Trenggalek.

“Akan ada mekanisme pendaftaran, setelah itu dapat e-tiket, alokasi vaksin COVID -19, kemudian pelaksanaan vaksinasi,” pungkas Saeroni.(Sar/habari.id)