Wali Kota: Idul Adha Menguatkan “Kesalehan Sosial-Spiritual”

oleh
Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono, menghadiri dan mengikuti kegiatan "Motonggeyamo", Sabtu (10/08/2019)

HABARI.ID – Sabtu (10/8/19) ba’da Magrib Pemerintah Kota Gorontalo menggelar kegiatan “Motonggeyamo”, di Rumah Jabatan Wali Kota Gorontalo. Motonggeyamo, adalah salah satu prosesi adat yang digelar saat menanti pengumuman penetapan Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijah.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengungkapkan, Idul Adha moment penuh makna dan mengandung banyak pelajaran moral, baik bagi pribadi dan juga bagi kehidupan sosial.

“Idul Adha mengajarkan kita tentang kesalehan sosial-spiritual kita sebagai Muslim. Menyembelih hewan kurban, dan membaginya kepada masyarakat, mengajarkan kita tentang berbagi antar sesama, saling peduli. Sementara peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS, mengajarkan tentang kepatuhan dan keimanan,” kata Marten.

Wali Kota juga mengungkapkan, Idul Adha juga menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat untuk mendoakan saudara, kerabat dan handai tolan yang saat ini sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci.

“Kita berdoa agar mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya, dan menjadi haji yang mabrur. Karena haji yang mabrur, pasti memberi pengaruh positif dalam kehidupan ini,” ujar Marten.

Selain itu umat muslim di dunia termasuk Kota Gorontalo, pun merayakan hari raya Idul Adha. Lantunan takbir diiringi tabuhan bedug, menggema menambah semaraknya hari raya.

Suara takbir yang bersahut-sahut mengajak semua untuk sejenak melakukan refleksi, bahwa tidak ada yang agung, tidak ada yang layak disembah kecuali Allah SWT.

“Dalam ibadah hari raya idul adha ini, umat muslim dianjurkan untuk menunaikan shalat sunnah dua rakaat, dan menyembelih hewan qurban. Ini tentunya berawal dari kisah Nabi Ismail AS, yang akan disembelih oleh Nabi Ibrahim AS,” jelas Marten.

Pemerintah Kota Gorontalo sendiri berkaitan dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, akan menunaikan shalat Idul Adha di dua lokasi, yakni di Masjid Baitul Raihm Kota Gorontalo dan Lapangan Taruna Remaja.

“Untuk hewan qurban sendiri Kota Gorontalo menyembeli hewan qurban sapi lebih dari 1000 ekor, dan kambing lebih dari 100 ekor,” tutup Marten.(tmHMS/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.