Menjaga Indonesia

Wali Kota: Belum Ada Isolasi Wilayah

HABARI.ID I Belum ada isolasi wilayah kelurahan di Kota Gorontalo. Meski kelurahan Padebuolo menjadi wilayah terbanyak pasien positif Covid-19, kebijakan untuk mengisolasi wilayah belum dilakukan pemerintah kota Gorontalo.

Ini diungkap Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha di Rumah Dinas Jabatan Wali Kota Jum’at (22/05/20).

“Bukan wilayah Kelurahan Padebuolo yang diisolasi. Tetapi masyarakat yang di sekitar tempat tinggal pasien positif Corona ini yang dilakukan tracking …,”

“Kalau ada warga yang terindikasi tertular, maka warganya yang dikarantina,” ujar Marten.

Senada dengan itu, Abubakar Luwiti, anggota Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kota Gorontalo mengungkapkan, sampai dengan saat ini Gugus Tugas Kota Gorontalo belum melakukan isolasi wilayah.

Yang dilakukan saat ini, baru contact tracking kepada orang-orang sekitar tempat tinggal beberapa pasien positif yang ada di Kelurahan Padebuolo.

“Tidak mudah untuk mengeluarkan kebijakan tersebut. Karena hal itu bukan hanya terkait dengan pasien, tetapi seluruh masyarakat di kelurahan tersebut. Beberapa warga telah kami dikarantina di Mess Haji,” kata Abubakar Luwiti.

Selain harus memastikan tidak ada aktivitas di wilayah itu, kata Abubakar Luwiti, kalau itu dilakukan, maka berarti pemerintah harus harus bisa menjamin kebutuhan masyarakat di kelurahan tersebut dalam jangka waktu tertentu, termasuk memantau kondisi kesehatan masyarakat.

“Solusi yang kami lakukan untuk sementara ini, masih sebatas tracking kepada orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19,” tutup Abubakar Luwiti.(4bink/habari.id)