Menjaga Indonesia

Tracing Penyebaran Virus Corona di Zona Merah, Ini yang Akan Dilakukan GTPP Covid-19 Kabgor …

HABARI.ID I Tracing penyebaran Covid-19 akan dilakukan GTPP Covid-19 Kabupaten Gorontalo di wilayah yang sudah berstatus zona merah. Sejumlah warga yang pernah melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, akan dites rapid.

“Kami akan lakukan rapid test kepada masyarakat, terutama masyarakat di lingkungan tempat tinggal dari pasien Covid-19, dengan begini kita mampu untuk segera mengetahui penyebarannya,” jelas Roni Sampir, GTPP-Covid-19 Gorontalo.

Pada rapid test yang menjadi instrumen tracing penyebaran Covid-19 ini, Roni berharap upaya ini akan menjadi langkah cepat dalam penanganan wabah virus Corona di wilayah Kabupaten Gorontalo.

Rapid test itu akan diberlakukan kepada orang-orang yang dianggap memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19 Kabupaten Gorontalo.

“Jadi, ada banyak nantinya yang akan kita rapid test. Ini menjadi langkah cepat biar nanti kalo kita dapat yang reaktif maka langsung kita isolasi,” jelas Roni Sampir.

Roni Sampir juga berharap agar masyarakat untuk dapat lebih kooperatif saat ada uji rapid test tersebut. Sebab kendala terbesar dari langkah rapid test ini ialah kesadaran dan kesediaan masyarakat untuk mengikuti proses pengecekan rapid test.

“Sudah satu dua hari ini kita buka, waktu itu di balai desa, namun orang-orang yang kita curigai melakukan kontak dengan pasien Covid-19 saat kita undang mereka tidak datang bahkan mengelak,” jelas Roni Sampir.(dwi/habari.id)