Talumolo Punya Tradisi Ketuk Sahur

oleh
oleh
Masyarakat Kelurahan Talumolo ketika sedang latihan di Markas Toki Sahur Talumolo Sabtu (04/05/2019) malam

HABARI.ID, KOTA – Ketuk Sahur, menjadi tradisi masyarakat kelurahan Talumolo, kecamatan Dumbo Raya. Tradisi ini muncul setiap tahun, pada bulan Ramadan.

Tentu saja, tujuannya adalah untuk membangunkan orang yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Berbekal peralatan sederhana, para anak muda, (termasuk bocah), hingga orang dewasa ini, jalan bergerombol keliling kampung mulai dari pukul 02.00 WITA.

banner 468x60

Tak hanya dari bunyi yang bertalu-talu mereka membangunkan orang untuk sahur. Tapi dengan kompak mereka rame-rame bersenandung lagu religi. Menjelang Imsak, baru mereka bubar.

Sabtu (04/05/2019) malam, mereka terlihat melakukan latihan sekaligus “pemanasan”. Dan baru akan “beraksi” pada Senin dini hari, hari pertama Ramadan.

“Selain membantu masyarakat lainnya agar bisa bangun sahur, aktifitas ini juga menjadi wadah bagi masyarakat Kelurahan Talumolo untuk memperkuat silaturahmi,” kata Ruddy Lamani, warga Talumolo.

Sebelum berkeliling, mereka biasanya berkumpul di Markas Toki (Ketuk) Sahur Talumolo. Setelah itu, mereka akan berkeliling sesuai rute. Mereka juga akan melintas jalan depan rumah jabatan Wali Kota. “Pada menjelang Imsak, mereka kembali ke Markas,” kata Ruddy.(4bink/habari.id)

banner 468x60

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60

Tinggalkan Balasan