Tabongo Timur Raih Penghargaan Desa Percontohan Anti Korupsi Tingkat Nasional

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, KABGOR | Prestasi gemilang mencorong bagi Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui pengelolaan keuangan yang akuntabel, di mana Desa Tabongo Timur meraih penghargaan istimewa sebagai desa percontohan anti korupsi tingkat nasional. Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Republik Indonesia dengan nilai fantastis mencapai 91.

Seremoni penghargaan digelar dalam kegiatan launching Desa Anti Korupsi 2023 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/11/2023). Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan apresiasinya terhadap prestasi luar biasa Desa Tabongo Timur.

banner 468x60

Ia menegaskan bahwa capaian ini tidak didapatkan dengan mudah, melainkan melalui pemenuhan kriteria dan seleksi ketat dari KPK. “Korupsi adalah musuh nyata pembangunan di daerah, dapat merampas hak-hak, dan menyengsarakan rakyat. Prestasi Desa Tabongo Timur sebagai desa antikorupsi tingkat nasional menjadi kebanggaan kita semua,” ungkap Nelson.

Desa Tabongo Timur, dari 81 desa se-Indonesia, terpilih sebagai salah satu pemenang dengan kategori istimewa. Bupati Nelson berharap bahwa prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan lokal, tetapi juga menjadi contoh inspiratif bagi desa-desa lain di Kabupaten Gorontalo.

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo berharap Desa Tabongo Timur tidak hanya melampaui target pembangunan, tetapi juga mendorong desa secara budaya, keagamaan, termasuk bebas korupsi. Selamat atas capaiannya, semoga menjadi model dan ikon untuk desa-desa lain di Kabupaten Gorontalo,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tabongo Timur Hariyanto Ismail, menjelaskan bahwa desa tersebut masuk nominasi setelah penilaian dari 81 desa se-Indonesia. Sasaran penilaian mencakup berbagai aspek, dan Desa Tabongo Timur berhasil unggul dengan perolehan 51 poin.

“Prestasi ini membawa dampak positif, termasuk tambahan dana desa, dana hibah dari Kementrian Desa, dana CSR dari ASTRA, serta penghargaan sebagai desa Madani dengan reward yang signifikan,” ungkap Hariyanto.

banner 468x60

Pencapaian ini menjadi bukti bahwa dengan pengelolaan keuangan yang transparan dan komitmen anti korupsi, pembangunan di tingkat desa dapat menjadi motor penggerak kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Desa Tabongo Timur menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk mengadopsi praktik-praktik terbaik dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dari korupsi. (dik/habari.id)

Baca berita kami lainnya di