Selesai Perbaikan Server, Pelayanan Disdukcapil Gorontalo Utara Kembali Optimal

oleh
Server
banner 468x60

HABARI.ID I Pelayanan di Disdukcapil Gorontalo Utara kini kembali stabil. Hal itu jelas membuat pelayanan di dinas tersebut kembali optimal. Masyarakat Gorontalo Utara pun sudah mulai berdatangan untuk mengurus berbagai keperluan administrasi mereka yang sempat tertunda.

Kepala Dinas Dukcapil Gorontalo Utara, Sarce Kandou mengatakan, pelayana kembali normal setelah server untuk pengurusan administrasi berhasil diperbaiki.

“Mungkin hari ini sudah bisa dikatakan stabil, seperti yang bisa dilihat nomor antrian untuk hari ini lebih dari 60 biasanya cuma 40 perhari,” ungkap Sarce, Senin (21/02/2022).

Kini, pelayanan terkait rekam cetak KTP, KK, Akta kelahiran, Akta Kematian, dan SK PWNI sudah berjalan seperti sedia kala.

“3 hari perbaikannya, dari Tim Teknis dari Dukcapil Kemendagri yang memperbaiki,” jelas Sarce.

Kembali menormalkan pelayanan di Disdukcapil itu, kata Sarce tidak mudah, sebab tim teknis harus menghabiskan waktu 3 hari untuk memperbaiki server yang sebelumnya sempat rusak tersebut.

“Yang pertama itu keluhan terbanyak itu, yang pertama terkait KTP, jadi memang yang diperbaiki itu fokus di server KTP kemudian di jaringan SIAK..,”

“Sebagaimana kemarin sempat disampaikan bahwa server ini kita bisa melayani nanti ada pengadaan server yang baru, tetapi setelah diperbaiki server yang ada sekarang sudah bisa difungsikan tanpa harus melakukan penggantian yang baru,” ungkapnya.

Di hari itu juga, menjadi hari pertama Disdukcapil Gorontalo Utara menerapkan pelayanan SIAK Terpusat. Sebuah sistem pelayanan yang memberikan kesempatan bagi setiap orang melakukan pengurusan administrasi tanpa dibatasi dengan status kependudukannya.

“Dan kita juga sudah menerapkan SIAK terpusat hari ini, jadi Gorontalo Utara menjadi kabupaten ke 2 dalam penerapan SIAK Terpusat,” jelas Sarce. (Wi/Habari)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan