Menjaga Indonesia

Sekda Provinsi Gorontalo Apresiasi Kegiatan Perjaka

HABARI.ID I Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Tim Kemitraan Perlindungan Jaminan Kesehatan bagi Pekerja (Perjaka) Tingkat Provinsi, Rabu (2/11/2020).

Menurutnya, salah satu tujuan dari Perjaka ini adalah terwujudnya perlindungan kesehatan yang optimal bagi pekerja penerima upah dan badan usaha maupun untuk keluarganya.

“Artinya, ini perlu kita koordinasikan dan disosialisasikan bersama. Karena regulasinya ada di BPJS dan objeknya ada di teman-teman badan usaha dan keluarganya …”

“Mudah-mudahan teman-teman yang hadir dari badan usaha khususnya yang menaungi pekerja penerima upah bisa berkolaborasi. Kalau ada apa-apa kita bisa saling berdiskusi supaya pekerja kita bisa diberikan pemahaman yang utuh,” kata darda saat membuka rapar koordinasi.

Selain itu, Darda berpesan kepada kepala BPJS kesehatan Provinsi Gorontalo untuk betul-betul bisa menyusun rencana koordinasinya.

“Jika hasil raker itu sudah ada, tolong disampaikan lagi hasilnya. Sehingga setelah ini bisa kita tindak lanjuti lagi, supaya mutu atau esensi dari perjaka ini betul-betul diimplementasikan,” ucapnya.

Darda meminta bahwa rapat koordinasi ini dapat dilakukan secara konsisten. Karena menurutnya hal ini menyangkut dengan tugas tim kemitraan.

“Jadi petakan dulu apa sebenarnya rencana-rencana rapat koordinasi yang dilaksanakan. Di kemitraan perjaka ini juga diharapkan agar melakukan monitoring dan evaluasi bersama. Itulah nanti yang menjadi salah satu diskusi pada rapat-rapat berikutnya …”

“sehingga mutu dari rapat koordinasi itu terwujud dengan baik dan apa yang kita inginkan dapat kita pecahkan dalam rapat koordinasi kemitraan terkait dengan tugas tim perjaka ini,” tandasnya

Disamping itu, Kepala bidang perluasan pengawasan dan pemeriksaan peserta BPJS tenagakerja, DikDik Sidiki mengatakan bahwa manfaat perjaka ini untuk menampung aspirasi daripada pekerja atau badan usaha terkait permasalahan-permasalahan dalam program jaminan kesehatan yang di selenggarakan oleh BPJS kesehatan.

“Sehingga, permasalahan-permasalahan tersebut dapat kita akomodir dan dituangkan bersama dengan pemerintah daerah. Karena didalam forum perjaka itu melibatkan mitra daripada pemerintah daerah dan didukung oleh beberapa anggota yaitu serikat pekerja, apindo dan pengawai ketenagakerjaan,” terang Dikdik Sidiki.(Sodik/habari.id).