HABARI.ID KOTA GORONTALO I Kinerja Dinas Perkim Kota Gorontalo, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Gorontalo patut diacungi jempol.
Betapa tidak, dengan keterbatasan anggaran serta fasilitas penunjang seperti Armada PJU (Penerangan Jalan Umum), Dinas Perkim Kota Gorontalo tetap memberikan pelayanan prima untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Kepala Dinas Perkim Kota Gorontalo, Heru Zulkifli Thalib jelaskan Jumat (03/02/2023) berbicara soal PJU memang menjadi sarana penting untuk menunjang aktivitas masyarakat khususnya malam hari.
“Ini adalah salah satu indikator kemajuan Kota Gorontalo khususnya bisa kita lihat bagaimana dinamika Kota Gorontalo pada malam hari, yakni dari ketersedian sarana penerangan jalan umum ..,”
“Untuk Kota Gorontalo sendiri kami bersyukur sejauh ini hampir seluruh wilayah permukiman dan pusat Kota Gorontalo, sudah tersedia PJU ..,”
“Khusus semua wilayah di Kota Gorontalo sudah sekitar 80 persen terfasilitasi oleh penerangan jalan umum ..,”
“Dan berdasarkan data yang ada di Dinas Perkim Kota Gorontalo, PJU tersebar ada sekitar 3000 lebih titik mata lampu,” ujarnya.
Selain menjadi tugas dari Dinas Perkim Kota Gorontalo, pemberian pelayanan PJU merupakan bagian dari instruksi Wali Kota Gorontalo, dalam rangka menunjang aktivitas masyarakat Kota Gorontalo.
Dan Dinas Perkim Kota Gorontalo secara intens melakukan monitoring termasuk evaluasi, atas kepastian sarana penerangan jalan umum ini dalam kondisi baik atau tidak.
“Wali Kota Gorontalo, Bapak Marten Taha sangat mendukung tugas Dinas Perkim Kota Gorontalo khususnya pelayanan penerangan jalan umum ini ..,”
“Sebagai bentuk tindak lanjutnya, kami secara intens dan berkala melakukan monitoring dan evaluasi atas tugas yang kami lakukan ..,”
“Tidak hanya itu saja, setiap laporan dan keluhan masyarakat dengan cepat kami respon,” terangnya kepada Habari.Id.
Dalam memaksimalkan pelayanan PJU kepada masyarakat di Kota Gorontalo, tugas yang dilakoni Dinas Perkim Kota Gorontalo tentu tidak luput dari kendala serta kekurangan.
Heru katakan bahwa kendala saat ini dihadapi Dinas Perkim Kota Gorontalo, untuk memaksimalkan pelayanan PJU di Kota Gorontalo adalah anggaran serta kekurangan armada dan SDM.
“Dari pelaksanaan program kegiatan pemberian pelayanan PJU kepada masyarakat, masih ada kendala yang dihadapi Dinas Perkim Kota Gorontalo ..,”
“Selain dari segi ketersediaan anggaran yang terbatas, saat ini kami sangat membutuhkan tambahan SDM dan Armada ..,”
“Sebab, kalau bisa dikatakan sangat tidak seimbang jumlah SDM dan Armada kami miliki, untuk melayani seluruh wilayah di Kota Gorontalo. Apalagi setiap kelurahan dan kecamatan di Kota Gorontalo, terdapat PJU ..,”
“Sehingga, Dinas Perkim Kota Gorontalo sangat membutuhkan adanya dukungan dari Pemerintah Kota Gorontalo, guna menunjang pelaksanaan kegiatan PJU,” pungkasnya.(bnk/habari.id).