Menjaga Indonesia

Sampah Berserakan di Sepanjang GORR, Pemdes Harus Bertindak

HABARI.ID I Banyak sampah berserakan di sepanjang Gorontalo Outer Ring Road (GORR). Kondisi ini mengharuskan pemerintah desa (Pemdes) turun tangan dan bertindak. Paling tidak, Pemdes mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kendati tidak sampai ke bahu jalan, tapi tumpukan sampah rumah tangga itu, sangat mengganggu pemandangan.

Seperti terlihat di beberapa ruas jalan di Desa Dumati, Kecamatan Telaga. Kantong plastik berisi limbah rumah tangga, dibiarkan menumpuk di pinggir jalan.

Menurut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, kondisi ini tak bisa dibiarkan. Pemerintah setempat harus turun tangan, karena ini tak cuma mengganggu tapi juga bisa membahayakan pengguna jalan.

Kendati petugas kebersihan sudah beberapa kali membersihkan sampah tersebut, tapi masih saja ada warga yang sengaja membuangnya di lokasi yang sama. Padahal tak jauh dari situ, adalah tempat pembuangan akhir (TPA) Talumelito.

“Saya sudah dapat banyak laporan bahwa di situ sudah menjadi lokasi pembuangan oleh warga sekitar. Ini harus mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten khususnya camat dan kepala desa,” pinta Rusli dalam rapat dengan pimpinan OPD, Senin (03/02/2020).(fp/habari.id)