Saipul Ingin Rembuk Stunting Hasilkan Terobosan Penanganan Stunting di Pohuwato

oleh

HABARI.ID – Bupati Saipul A. Mbuinga berharap kegiatan rembuk stunting mampu menghasilkan suatu terobosan demi tercapainya tujuan aksi konvergensi yang telah menjadi komitmen daerah terhadap percepatan penurunan stunting.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan Bupati Saipul saat menghadiri kegiatan rembuk stunting dan Launching Universal Health Converage (UHC) Kabupaten Pohuwato, yang bertempat di Gedung Panua Pohuwato, pada Kamis (25/08/2022).

Saipul juga menjelaskan RPJMD Pohuwato tahun 2021 – 2026 tentang Pohuwato sehat, maju dan sejahtera, yang juga fokus pada prograam prioritas yakni tentang pengentasan stunting dan pencapaian UHC.

“Aksi pengentasan stunting merupakan salah satu visi kami. Dan tentu kita tahu bahwa Pohuwato mendapat apresiasi dan penghargaan dari pemerintah Provinsi Gorontalo pada penilaian kinerja stunting daerah tahun 2022 dan dinobatkan sebagai daerah yang masuk kategori inspriratif, inovatif dan replikatif dan beroleh penghargaan terbaik ketiga,” ujar Saipul.

“Perkembangan data stunting di Kabupaten Pohuwato berdasarkan hasil survey status gizi indonesia (ssgi) sebesar 34% sedangkan hasil penimbangan posyandu balita stunting pada tahun 2021 sebesar 4,05 persen dan di tahun 2022 turun menjadi 4.03 persen,” imbuhnya.

Terakhir, dirinya mengajak stakeholder terkait agar mempertahankan dan meningkatkan prestasi, mengingat pelayanan kesehatan akan semakin mudah dan menyeluruh apabila terwujudnya universal health coverage atau UHC.

“Alhamdulillah saat ini persentase kepesertaan jkn kita telah mencapai angka 146.238 jiwa atau sekitar 95,3%, angka ini telah memenuhi kriteria untuk di tetapkan sebagai kabupaten Universal Health Coverage (UHC),” pungkasnya. (Mg/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.