Menjaga Indonesia

RS Ainun Habibie Kini Punya Fasilitas Penanganan Covid-19, Hadijah Berharap Tak Ada Lagi yang Tertular

HABARI.ID I RS Ainun Habibie yang kini dilengkapi dengan fasilitas perawatan pasien Covid-19 dan berada di wilayah kabupaten Gorontalo ini, menjadi langkah baru penanganan Covid-19 di provinsi Gorontalo.

Sekda Kabupaten Gorontalo Hadijah Tayeb mengungkapkan, hadirnya rumah sakit yang memiliki fasilitas penanganan Covid-19 ini, akan memberikan dampak signifikan pada penanganan covid-19 di Gorontalo, khususnya di wilayah kabupaten Gorontalo.

“Dengan disetujuinya RS Ainun Habibie sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 dan sudah diresmikan pemanfaatannya oleh Gubernur, ini akan membantu penanganan Covid-19, terlebih di kabupaten Gorontalo yang lebih dekat dengan fasilitas ini,” jelas Hadijah yang sempat hadir pada peresmian fasilitas di RS Ainun, Selasa (16/06/2020).

RS Ainun memiliki fasilitas gedung Isolasi yang dibagi 2 bagian, yaitu gedung A dan Gedung B. Gedung A diperuntukan bagi pasien dengan gejala kritis, dimana isolasi gedung A ini dilengkapi dengan 10 kamar pasien lengkap dengan hepafilter bertekanan negatif, dan 2 ruang ICU.

Untuk Gedung B diperuntukan bagi pasien positif swab test dan pasien reaktif rapid test dengan fasilitas 80 tempat tidur pasien lengkap dengan alat-alat monitor kesehatan.

RS Ainun Habibie
Fasilitas yang ada di ruang penanganan Covid-19 RS Ainun Habibie.[foto_istimewa]
Meski sudah ada rumah sakit yang dilengkapi dengan fasilitas penanganan Covid-19, Hadijah tetap berharap agar tidak ada lagi masyarakat di wilayah kabupaten Gorontalo yang terpapar Covid-19.

“Kami berharap tidak ada masyarakat yang tertular. RS Ainun Habibie ini menjadi rumah sakit terbaik sebagai rujukan Covid-19, kami sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Gorontalo,” jelas Hadijah Tayeb.

Dalam menangani Covid-19, RS Ainun telah menyiapkan 20 dokter spesialis, 152 perawat yang diantara sudah siap ditugaskan khusus untuk menangani pasien yang terpapar Corona.(dwi/habari.id)