Respon Keluhan Petani, Bupati Saipul Tinjau Sumbatan Irigasi

oleh
banner 468x60

HABARI.ID – Menyikapi keluhan para petani dan kelompok tani, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Kadis Pertanian, Kamri Alwi, Camat Buntulia, Saiful Hunta, dan Camat Duhiadaa, Ali Mbuinga, meninjau irigasi yang tersumbat di wilayah Desa Taluduyunu dan Desa Buntulia Utara, Jum’at, (26/01/2024).

Dalam peninjauan itu, terdapat beberapa lahan yang sudah dipenuhi air akibat tersumbatnya saluran yang berada di Dusun Milalude 2, Desa Buntulia Utara. Bukan itu saja, saluran yang berada di kaki gunung atau ditanjakan bawah menuju Desa Balayo, Kecamatan Patilanggio sudah berbau busuk akibat endapan yang tidak jalan, dimana jalura air tersebut mengalir sampai ke jalur Buntulia dan Bulili.

banner 468x60

Seperti diketahui, saluran itu hanya menampung air hujan dari dua desa, dan akibat curah hujan yang tinggi maka sebagian besar lahan padi sawah di dua desa itu terendam sampai berhari-hari, belum lagi saat ini musim penghujan maka sudah pasti petani yang menggarap lahannya di dua desa itu tidak bisa menanam, sementara pada 7 bulan kemarin tidak bisa menanam pula karena musim panas.

Melihat situasi yang ada, Bupati Saipul Mbuinga langsung mengambil langkah cepat dengan menghubungi pemilik alat berat untuk dipakai mengeruk sumbatan tersebut.

“Alhamdulillah, gerak cepat bupati langsung di tanggapi oleh pemilik alat berat dan berjanji setelah pekerjaan yang ada langsung menuju ke lokasi. Insyaallah secepatnya ini akan di tangani, penanganan darurat ini semoga bermanfaat dan petani bisa menanam kembali,” pungkasnya. (Mg/habari.id)

Baca berita kami lainnya di