Menjaga Indonesia

Posyandu Balita Mawar, Posyandu yang Adaptif

HABARI.ID, KABUPATEN BLITAR I Sedari pukul setengah delapan pagi, kesibukan mulai terasa di rumah Maya Septi Aprilia, salah satu kader Posyandu Balita Mawar, Desa Kalitengah, Dusun Kaliduren RT.01/01 Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Minggu (01/11/2020).

Sejumlah ibu terlihat berdatangan membawa anak balita. Kebanyakan dari mereka mengenakan masker berbahan kain.

Kader Posyandu yang diketuai Maya Septi Aprilia dan empat anggota lainnya, langsung melakukan pengecekan suhu tubuh.

Para ibu dan anaknya diminta mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan, lalu mengarahkan mereka untuk menunggu di kursi yang jaraknya telah diatur.

“Protokol kesehatan telah berjalan dengan baik di Posyandu ini. Dari penggunaan masker, pengaturan jarak fisik, dan kegiatan mencuci tangan telah melekat jadi satu dengan kegiatan diantaranya penimbangan berat badan, ukur lingkar kepala dan ukur tinggi badan,” jelas Maya.

Di antara berbagai aktivitas, terlihat jejeran roti basah dan gelas susu yang siap dibagikan. Ya, pemberian makanan tambahan menjadi salah satu bagian dalam pelayanan, dan menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak.

Maya Septi Aprilia mengatakan, keberadaan Posyandu sangat penting untuk mengawal tumbuh kembang dan kesehatan balita di tempat ia tinggal.

“Melalui kegiatan Posyandu, tumbuh kembang balita, status imunisasi dan gizi balita dapat terpantau dengan baik, hal itu penting demi kesehatan sang anak …,”

“Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, kita tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat,” ungkapnya. (adv/kmf/tos/habari.id)