Menjaga Indonesia

Pola Pangan Harapan (PPH) Gorontalo Capai 89 Persen Lebih

HABARI.ID I Pola Pangan Harapan (PPH) di Gorontalo mencapai di atas angka 89%. Ini berdasarkan evaluasi program ketersediaan pangan Tahun 2019.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Sutrisno menyebut, hasil itu mengindikasikan bahwa masyarakat Gorontalo mengkonsumsi pangan sangat bagus.

“Dengan PPH Provinsi Gorontalo di atas 89%, ini berarti masyarakat mengkonsumsi pangan sangat bagus, Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA),” kata Sutrisno pada Rapat Koordinasi Program Ketahanan Pangan yang digelar, Selasa (11/2/2020).

Untuk program tahun 2020, Dinas Pangan akan fokus dan mempertajam pada pemanfataan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang bekerja sama dengan Tim penggerak PKK. Kolaborasi ini akan terus digaungkan untuk pemanfaatan pekarangan.

“Jumlahnya sangat tinggi, lahan pekarangan itu hampir 20% dari lahan pertanian yang tersedia di Gorontalo,” tambah Sutrisno.

Selain itu juga, ada stabilisasi pasokan dan harga melalui kegiatan gelar pangan bagi masyarakat yang dinamakan Gelar Pangan Murah (GPM) di daerah rawan pangan dan juga pada hari Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

“Pengentasan daerah rawan pangan di Provinsi Gorontalo masih ada 117 daerah, baik prioritas 1, 2 dan 3. Ini perlu penanganan lintas sektor sehingga sudah melakukan perjanjian kerjasama untuk pengentasan rawan pangan melalui program lintas sektor seperti program kesehatan, infrastruktur, sosial, pertanian dan OPD terkait,” ucap Sutrisno.

Dinas Pangan juga menyoroti masalah stunting dalam ketahanan pangan Nasional. Untuk mengatasi permasalahan ini tidak cukup dikerjakan Dinas Pangan sendiri, perlu adanya sinergitas antar OPD dan pemerintah kabupaten/kota.(rls/fp/habari.id)