Menjaga Indonesia

Perpustakaan UNG Bekali 8 Pustakawan dengan Navigasi Artikel di Database Bereputasi

HABARI.ID I Pelatihan penelusuran artikel ilmiah dalam database bereputasi, menjadi salah satu upaya UPT Perpustakaan UNG dalam meningkatkan kualitas layanan akademik di kampus Universitas Negeri Gorontalo.

Kepala UPT Perpustakaan UNG, Dr. Ismet Sulila, Rabu (18/11/2020), menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan satu dari rangkaian persiapan implementasi program Perpustakaan di tahun 2021.

“Mudah-mudahan tahun depan akan ada beberapa layanan baru di UPT Perpustakaan. Salah satunya adalah membantu mahasiswa dalam hal penelusuran artikel sebagai rujukan skripsi dari sumber kredibel, seperti Sage dan Ebsco,” katanya.

Pelatihan ini melibatkan 8 pustakawan yang dipersiapkan untuk menjadi mentor layanan akademik di UPT Perpustakaan UNG, dengan narasumber Dr. Abid, S.S, MA TESOL yang juga merupakan Kepala Bidang Pengembangan Kerjasama UPT Perpustakaan UNG.

“Dalam pelatihan peserta belajar tentang bagaimana mengakses e-resources Perpusnas RI, bagaimana menggunakan boolean operators untuk penelusuran artikel …,”

“Serta bagaiman membuat notifikasi artikel sesuai keinginan ke dalam email pribadi,” terangnya.

Ismet menambahkan bahwa dengan hanya merujuk pada sumber yang kredibel, maka alur pikir dan argumentasi dalam karya ilmiah mahasiswa bisa lebih berkualitas.(fp/habari.id)