Perkuat SDM UKM, Diskumperindag Beri Pelatihan

oleh
Kadis Kumperindag Provinsi Gorontalo M.Nadjamuddin (kedua kiri) saat memberikan arahan pada pembukaan bimbingan teknis Peningkatan Kualitas Produk KUMKM (Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), Rabu (26/6/2019), di Aula Kantor PLUT-KUMKM Provinsi Gorontalo. (Foto : Istimewa)

HABARI.ID, GORONTALO – Adanya kelemahan SDM pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam pengelolaan keuangan usaha, membuat Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi  Gorontalo memberikan pelatihan kepada para pengusaha UKM ini.

Menurut Kadis Kumperindag, Nadjamudin, bimbingan teknis ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemberdayaan UKM  agar mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM ) yang terampil dan profesional dialam pengelolaan keuangan usaha.

“Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini sangat besar apalagi pendapatan dari usaha mikro kecil dan menengah cukup menjanjikan. Salah satunya dengan cara membuat pembukuan yang baik,” kata Nadjamuddin saat membuka
bimbingan teknis Peningkatan Kualitas Produk KUMKM (Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), Rabu (26/6/2019), di Aula Kantor PLUT-KUMKM Provinsi Gorontalo.

Nadjamudin menilai, salah satu kelemahan UMKM dan UKM sejenis adalah minimnya pengelolaan keuangan, padahal mengelola keuangan usaha ini sangat vital bagi tumbuh kembangnya UMKM pada masa-masa awal.

“Kami harapkan peserta  bimtek ini dapat memahami cara pengelolaan keuangan yang baik, tak jarang keuangan usaha bercampur dengan keuangan pribadi, pemasukan dan pengeluaran pun tidak dibukukan tetapi hanya diingat,” papar Kadis Kumperindag.

Ia memberi saran UMKM dan UKM dapat membuat inovasi usaha, bukan saja melalui produk tapi juga dalam pengelolaan keuangan, dengan begitu usaha yang kelola akan perkembang

Bimtek diikuti sebanyak 80 orang yang merupakan anggota koperasi, manager, dan ketua yang berasal dari 3 wilayah yaitu Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo Utara dan Pohuwato.(PPIDKumperindag/HumasPemprov/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.